Di Depan Pemimpin Kota-kota Dunia, Anies: Kolaborasi Kunci Atasi Masalah Iklim dan Covid-19

Kamis, 18 Februari 2021 - 00:52 WIB
loading...
Di Depan Pemimpin Kota-kota Dunia, Anies: Kolaborasi Kunci Atasi Masalah Iklim dan Covid-19
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kolaborasi merupakan kunci sukses mengatasi pandemi Covid-19 dan masalah iklim. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara dalam acara Time to Act: Sustainable Recovery yang diselenggarakan secara virtual dan diikuti anggota Forum C40 Cities (Jaringan kota besar di dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim).

Dalam acara tersebut Anies mengatakan kolaborasi menjadi kunci bagi kota-kota di dunia untuk mengatasi pandemi dan perubahan iklim. Anies juga menegaskan mayoritas program Pemprov DKI Jakarta merupakan hasil dari kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, baik itu swasta, LSM, perguruan tinggi, bahkan warga perorangan yang aktif terlibat dalam pembangunan kota.

Sehingga posisi mereka adalah co-creator pembangunan kota, dan Pemprov DKI Jakarta bertindak sebagai kolaborator. “Kami telah mendeklarasikan Jakarta sebagai kota kolaborasi. Dan dari pengalaman kami, kami yakin bahwa kolaborasi yang kuat antar kota di seluruh dunia adalah jalan ke depan untuk mengatasi tantangan dunia seperti perubahan iklim dan pandemi,” tegas Anies dalam forum itu, Rabu (17/2/2021).

Lebih lanjut, Anies juga menyatakan bahwa Jakarta siap dan menyambut baik kolaborasi dengan berbagai kota di dunia dalam mencapai target emisi bersih pada 2050 dan mengurangi 50% emisi gas rumah kaca pada 2030. Terlebih, Jakarta telah banyak belajar banyak dari inisiatif kota-kota di dunia seperti Tokyo, Paris, Seoul, Medellin, Pune, dan banyak lainnya.

“Sebagai Wakil Ketua C40, saya memperkuat komitmen dan mengajak untuk berkolaborasi dengan anda semua. Dengan semangat inilah kami menyampaikan keinginan kami untuk bergandengan tangan dengan Anda semua dan menyatakan bahwa sekaranglah saatnya untuk bertindak demi mobilitas yang berkelanjutan, kota yang berketahanan, dan kolaborasi yang kuat,” tutupnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)