Posko Kampung Tangguh Jaya Basecamp Benda Tangerang Berhasil Tekan Kasus Aktif Covid-19

Sabtu, 13 Februari 2021 - 22:29 WIB
loading...
Posko Kampung Tangguh Jaya Basecamp Benda Tangerang Berhasil Tekan Kasus Aktif Covid-19
Posko Kampung Tangguh Jaya di Perumahan Basecamp, Jurumudi, Benda, Kota Tangerang, sangat efektif menekan kasus aktif Covid-19 secara maksimal.Foto/Istimewa
A A A
Keberadaan Posko Kampung Tangguh Jaya di Perumahan Basecamp, Jurumudi, Benda, Kota Tangerang , sangat efektif menekan kasus aktif Covid-19 secara maksimal. Pasalnya, posko ini mampu meningkatkan kesadaran warga untuk melaksanakan gerakan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M).

"Angka penyebaran Covid-19 di lingkungan RW 06 yang meliputi RT 04 dan 05 bisa menekan dari zona merah menjadi hijau dalam waktu kurang lebih 30 hari," ungkap Kapolsek Benda Kompol Wahid Key, Sabtu (13/2/2021).

Menurut Wahid, dipilihnya perumahan yang terletak Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda, Kota Tangerang ini sebagai Kampung Tangguh Jaya karena tingginya kasus Covid-19 di wilayah tersebut. "Kasus aktif Covid-19 di lingkungan RT 04/06 dan 05/06 ini sangat tinggi, dan sesuai arahan Kapolda Metro Jaya via zoom meeting di awal Januari 2021, maka perumahan ini dijadikan Posko Kampung Tangguh Jaya," ujarnya.

Wahid menuturkan, pada pertengahan Januari 2021 lalu, di perumahan ini ditemukan adanya kasus aktif Covid-19 sebanyak 11 pasien yang terdiri dari 5 kasus di RT 04 dan 6 kasus aktif di RT 05. Namun setelah terbentuk Posko Kampung Tangguh Jaya di Basecamp ini kedisiplinan warga meningkat dalam menerapkan 3M.

"Saat ini kasus aktif atau angka pasien positif Covid-19 nihil alias tidak ada. Ini merupakan keberhasilan," tuturnya. Baca: Pangdam Jaya Sebut PPKM Salah Satu Faktor Turunnya Covid-19 di Jakarta

Wahid melanjutkan, Perumahan Basecamp merupakan miliki Kementerian Perhubungan yang dihuni sekitar 270 kepala keluarga. Adapun pembentukan Kampung Tangguh Jaya di lokasi ini dilakukan oleh jajaran Polsek Benda yang dipimpin Kompol Wahid Key, Wakapolsek AKP Gunawan, Kanit Binmas Iptu Sum Ningrum, Bhabinkamtibmas Jurumudi Aiptu Ali Husni yang bekerja sama dengan pihak kecamatan dan koramil setempat, serta dengan warga Perumahan Basecamp.

Keberhasilan Perumahan Basecamp RW 06 sebagai Posko Kampung Tangguh Jaya juga diakui Yoga Adi Dharma sebagai salah satu Ketua Satgas Covid-19 setempat. "Upaya penegakan 3M yang gencar seiring dengan berdirinya Kampung Tangguh Jaya di Basecamp membuat warga perumahan lebih disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan," katanya.

Handito, pensiunan Ditjen Perhubungan udara, sesepuh warga Perumahan Basecamp mengakui pemeriksaan di pos depan perumahan sesuai dengan program Kampung Tangguh Jaya dalam upaya penegakan prokes. "Semua warga akan diperiksa di pintu masuk perumahan, mulai dari kelengkapan masker, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun, dan pengecekan identitas. Selain itu, pembatasan orang untuk masuk ke perumahan juga mampu menurunkan angka Covid-19," ujarnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)