Jakarta Banjir, DPRD DKI: Pemprov Harus Edukasi Warga Jangan Buang Sampah ke Kali

Rabu, 10 Februari 2021 - 06:45 WIB
loading...
Jakarta Banjir, DPRD DKI: Pemprov Harus Edukasi Warga Jangan Buang Sampah ke Kali
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth meminta Pemprov DKI mengedukasi warga jangan buang sampah ke kali. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, untuk mempercepat pembangunan sheet pile yang mangkrak disejumlah bantaran kali di wilayah Jakarta.

"Pengerjaan sheet pile harus dipercepat pengerjaanya, kasihan warga yang terdampak banjir jika hujan datang, mereka terus menerus merasakan banjir yang tak pernah kunjung usai," ketus Kenneth dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/2/2021).

Selain itu, pria yang kerap disapa Kent itu menambahkan, Pemprov DKI harus segera melakukan pembebasan lahan yang berada di bantaran kali, agar pemasangan sheet pile dipercepat. "Bebaskan lahan yang belum terbayar, agar langsung bisa dikerjakan pengerjaan sheet pilenya," tuturnya.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta itu mencontohkan, saat dirinya inspeksi mendadak di bantaran anak Kali Angke, Kembangan, Jakarta Barat, di sana ratusan sheet pile mangkrak. Padahal barang tersebut sudah dibeli sejak tahun 2016, oleh Kementerian PUPR yang diwakili oleh Balai Besar.

Namun, saat ditanya ke pihak yang berwenang terkait mangkraknya sheet pile di bantaran anak Kali Angke di wilayah Perumahan Permata Buana, dikarenakan terkendala lahan sengketa, yang hingga saat ini belum terselesaikan.

"Seharusnya mereka kerjakan lahannya dulu, bebaskan semuanya. Lalu baru beli sheet pile. Jangan malah terbalik balik analoginya. Masa sampai sheet pilenya terbengkalai seperti itu," ketus Kent.

Baca juga: Dramatis, Evakuasi Jenazah Warga Bekasi Terjang Banjir Pakai Perahu Karet

Kent optimistis jika Bantaran Kali Angke, Kali Pesanggarahan, dan Kali Ciliwung sudah di pasang sheet pile seluruhnya, maka permasalahan banjir di wilayah Jakarta akan teratasi. "Saya yakin jika sheet pile seluruhnya terpasang, baik di Bantaran Kali Angke, Kali Pesanggarahan, dan Kali Ciliwung, banjir di Jakarta akan lumayan teratasi," tuturnya.

Selain masalah sheet pile mangkrak, Kent meminta kepada Pemprov DKI Jakarta agar terus mengedukasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan ke kali, hal itu akan membuat kinerja pompa air tak maksimal jika terjadi banjir dibeberapa lokasi di Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)