Bak Daratan, Sampah Penuhi Kali Baru di Depok

Rabu, 27 Januari 2021 - 11:59 WIB
loading...
Bak Daratan, Sampah Penuhi Kali Baru di Depok
Samah menumpuk di Kali Baru, Cimanggis, Depok. Foto: R Ratna Purnama/SINDOnews
A A A
DEPOK - Tumpukan sampah di di Kali Baru, Jalan Raya Bogor KM 29, Cimanggis, Depok, beberapa hari belakangan ini menjadi pemandangan baru bagi warga penyangga Jakarta ini. Meski tumpukan sampah itu terlihat seperti daratan, namun petugas juga terus melakukan pengerukan.

Koordinator Satgas Banjir Dinas PUPR, Saiman mengatakan tumpukan sampah itu memang sudah lama. Pihaknya pun rutin melakukan pengangkatan.

"Ini pun kita angkat secara rutin cuma kita enggak dalam. Karena Selain sampah di kali juga kita ada penanganan emergency termasuk bencana longsor dan sebagainya. Bukannya kita enggak fokus, tapi kadang-kadang kita atur waktu," kata Saiman kepada wartawan di lokasi, Selasa 26 Januari 2021.

Menurutnya, ada banyak faktor yang mengakibatkan sampah numpuk. Salah satunya perilaku warha Karena warga sepanjang bantaran kali ini dari Depok sampai Bogor membuang sampah di tepi kali.

"Kemudiam bila hujan turun sampah turun akan turun ke kali dengan sendirinya," tambahnya.
Tumpukan sampah tidak mengalir karena banyak batang pohon yang melintang. Kemudian di lokasi itu terjadi penyempitan.

"Otomatis batang pohon tidak bisa lewat. Otomatis apabila dia bertahan sampah-sampah yang ada di belakangnya ikut bertahan semua dan selanjutnya tidak bisa lewat," tukasnya.

Dalam sehari pihaknya melakukan pengangkutan menggunakan tronton. Selain itu pihaknya juga menggunakan 2-3 unit truk.

"Kalau satu truk itu yang biasa 6 kubik, yang tronton bisa di atas 10 kubik," ungkapnya.

Pihaknya akan terus melakukan pengangkutan sampai sampah habis. Ditargetkan dalam waktu 1,5 bulan sampah dapat diselesaikan.

"Kami target dalam kegiatan ini maksimal kita usahakan dalam satu setengah bulan ini dikerjakan secara total. Ini banyak batang pohon terus ada styrofoam," bebernya.

Dia pun meminta agar warga jangan lagi buang sampah ke kali. Sehingga tidak terjadi penumpukan seperti ini.

"Agar pemerintah setempat termasuk RT RW Kelurahan mengimbau agar lebih perhatian terhadap lingkungan terutama kali mengimbau kepada masyarakatnya agar tidak diperbolehkan membuang sampah di bantaran kali," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)