Banjir Bandang di Puncak Bogor, Ade Yasin: Kita Selamatkan Dulu Warganya

Selasa, 19 Januari 2021 - 20:09 WIB
loading...
Banjir Bandang di Puncak Bogor, Ade Yasin: Kita Selamatkan Dulu Warganya
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor memprioritaskan keselamatan warga terdampak banjir bandang di kawasan Puncak Bogor .

Menurut Ade Yasin, bencana banjir bandang di Kampung Rawadulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, itu sebagian besar adalah para pemetik teh PT Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.

"Data sementara sebanyak 134 KK (Kartu Keluarga) yang mayoritas adalah pemetik teh Gunung Mas telah berhasil dievakuasi ke tempat-tempat yang lebih aman," katanya dalam keterangan pers tertulisnya, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut, Ade Yasin meminta tim BPBD, tim Tagana (Taruna Siaga Bencana), Kecamatan hingga Desa untuk bekerja sama melakukan evakuasi bencana banjir bandang di Cisarua. "Saya meminta tim bekerja secara cepat untuk memastikan proses evakuasi berhasil. Saya juga sudah menurunkan tiga tim dari BPBD yang terdiri dari tim evakuasi, tim logistik dan tim P3K lengkap dengan ambulance," kata Ade Yasin.

Ade Yasin juga menegaskan, tak ada hal yang lebih penting dari keselamatan warga. Untuk itu, Ade Yasin langsung menginstruksikan tim sejak pagi agar melakukan pertolongan pertama kepada pada korban di sana.

"Keselamatan warga di atas segalanya. Kita harus selamatkan dulu warganya. Karena itu yang paling penting" pungkas Ade Yasin. Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu juga mengatakan, evakuasi para pengungsi ke tempat yang lebih aman seperti masjid dan pabrik ini agar tidak berkerumun, mengingat pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor kasusnya sedang meningkat.

"Saya tetap himbau untuk patuhi protokol kesehatan, baik itu petugas yang menangani bencana maupun para pengungsi. Sejauh ini alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Mudah-mudahan tidak ada korban," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)