Gawat, Ruang ICU Khusus Pasien COVID-19 di Kota Bekasi Penuh

Senin, 18 Januari 2021 - 15:36 WIB
loading...
Gawat, Ruang ICU Khusus Pasien COVID-19 di Kota Bekasi Penuh
Pemerintah Kota Bekasi mengklaim ruang Intensive Care Unit (ICU) khusus pasien COVID-19 di Kota Bekasi sudah penuh. Foto/Ilustrasi/SINDOOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi mengklaim ruang Intensive Care Unit (ICU) khusus pasien COVID-19 di Kota Bekasi sudah penuh. Kondisi ini dipicu kenaikan angka penyebaran COVID-19 di Kota Bekasi dalam sepekan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi Rina Oktavia mengatakan, 85 tempat tidur pada ruang ICU yang tersebar di seluruh rumah sakit penuh. ”Dari 85 TT (tempat tidur) ruang ICU yang ada, tidak ada yang kosong dan terisi penuh akibat lonjakan warga yang terpapar,” katanya, Senin (18/1/2021). (Baca juga; PPKM Sepekan, Tren COVID-19 Kota Bekasi Sentuh 288 Kasus )

Selain ruang ICU yang penuh, Rina juga menyebut sebagian besar tempat tidur untuk isolasi juga sudah terisi. Di Kota Bekasi, terdapat 1.492 tempat tidur khusus isolasi di seluruh rumah sakit dan RSD yang sudah terisi. Sementara sisa tempat tidur isolasi yang masih kosong sebanyak 113 unit.

Rina belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait antisipasi penuhnya ruang ICU di Kota Bekasi. Dia saat ini tengah menunggu instruksi pimpinan Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk langkah selanjutnya.”Kami menunggu kebijakan pemerintah terkait hal ini,” ujarnya.

Saat inu, lanjut dia, Pemkot Bekasi baru saja membangun satu RSUD tipe D untuk menangani pasien COVID-19. RSUD tipe D itu berada di kawasan Bekasi Utara. RSUD tipe D itu dibangun untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien COVID-19. (Baca juga; RS Lapangan Bogor Beroperasi Hari Ini, Tahap Awal Terima 28 Pasien COVID-19 )

Kota Bekasi kini memiliki empat RSUD tipe D, yaitu RSUD Bantar Gebang, RSUD Jatisampurna, RSUD Pondok Gede, dan RSUD Bekasi Utara. Fasilitas lain yang dimiliki Pemkot Bekasi untuk menangani COVID-19 adalah RSUD tipe B Chasbullah Abdulmadjid dan Stadion Patriot Candrabhaga.

Selain rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta yang ada di Kota Bekasi juga menampung pasien COVID-19. Untuk itu, Rina meminta kepada warga Bekasi untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dan menerapkan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghidari kerumunan).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2906 seconds (0.1#10.140)