Antisipasi KIPI Vaksinasi COVID-19, DKI Siapkan 21 Rumah Sakit Rujukan

Senin, 18 Januari 2021 - 08:02 WIB
loading...
Antisipasi KIPI Vaksinasi COVID-19, DKI Siapkan 21 Rumah Sakit Rujukan
RSUP Cipto Mangunkusumo di Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 21 rumah sakit rujukan untuk menangani warga yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI, setelah vaksinasi COVID-19 .

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) merupakan semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian, dan diduga berhubungan dengan imunisasi. (Baca juga; RS Lapangan Bogor Beroperasi Hari Ini, Tahap Awal Terima 28 Pasien COVID-19 )

“Terdapat beberapa kondisi atau gejala yang mungkin terjadi setelah vaksinasi COVID-19 yang disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ,” tulis keterangan akun facebook resmi Pemprov DKI Jakarta, Senin (18/1/2021). (Baca juga; Pemkot Depok Ajukan 670 Formasi CPNS, Mayoritas untuk Pendidik dan Kesehatan )

Dinas Kesehatan DKI bersama Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMDA PP KIPI) telah mempersiapkan tim yang akan melakukan monitoring dampak pascavaksinasi di setiap tingkat administrasi.

Baca Juga: Efek Vaksin Pfizer, 13 Warga Israel Alami Kelumpuhan Wajah

Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan sebanyak 21 rumah sakit rujukan untuk warga yang mengalami KIPI Vaksinasi COVID-19. Rumah sakit rujukan penatalaksanaan kasus KIPI Vaksinasi COVID-19 tersebar di lima wilayah kota Provinsi DKI Jakarta.

Di Jakarta Pusat, antara lain RSUD Tarakan, RSUP Cipto Mangunkusumo, dan RSPAD Gatot Subroto. Untuk Jakarta Selatan, yaitu RSUP Fatmawati, RSP Pertamina, dan RSUD Tebet. Di Jakarta Utara ada RSUD Koja dan di Jakarta Barat ada RSUD Taman Sari.

Baca Juga: Kamar Ganti Barcelona Memanas, Messi dan Ter Stegen Berseteru

Di Jakarta Timur ada lima rumah sakit rujukan, di antaranya RSUD Budi Asih dan RSUD Cipayung. Daftar lengkap 21 rumah sakit rujukan bisa dilihat dalam tabel di bawah ini.

Antisipasi KIPI Vaksinasi COVID-19, DKI Siapkan 21 Rumah Sakit Rujukan
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)