Arus Balik Wisata di Puncak Bogor Siang Ini Ramai Lancar, Satu Wisatawan Positif

Minggu, 03 Januari 2021 - 13:59 WIB
loading...
Arus Balik Wisata di Puncak Bogor Siang Ini Ramai Lancar, Satu Wisatawan Positif
Hari ketiga libur tahun baru 2021, arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor siang ini, Minggu (3/1/2021), ramai lancar. SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Hari ketiga libur tahun baru 2021, arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor siang ini, Minggu (3/1/2021), ramai lancar. Berdasarkan pantauan di simpag Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, volume kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta maupun sebaliknya tak terlihat kepadatan.

Bahkan, antrean kendaraan yang biasanya saat libur panjang akhir pekan terjadi di simpul-simpul kemacetan jalur Puncak, pada siang ini tak terlihat. Seperti di Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Cipayung, Megamendung, Taman Wisata Matahari (TWM), Cimory, Pasar Cisarua dan Taman Safari tidak terlihat penumpukan sejak pagi hingga siang ini.

Sementara itu, data Jasa Marga jumlah kendaraan menuju Jakarta yang masuk melalui arah Selatan atau Gerbang Tol (GT) Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi tercatat 22.205 unit. (Baca juga; Pecah Rekor 57 Per Hari, Sudah 4.000 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di TPU Tegal Alur )

"Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 16,8% dibandingkan dari lalu lintas di masa PSBB atau new normal," ungkap Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu (3/1/2021).

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. "Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor, Iman Wahyu Budiana menyebutkan di Check Point Posko COVID-19 Simpang Gadog, menyebutkan pada hari ini seperti biasa sejak pagi hingga pukul 10.00 WIB rutin menggelar operasi yustisi. (Baca juga; Arus Balik Libur Tahun Baru, Tol Jakarta Cikampek Masih Lengang )

"Seusai dengan perintah Bupati bahwa kita melaksanakan operasi Yustisi dan melakukan rapid test antigen COVID-19. Hasilnya ada 100 kendaraan lebih yang sudah diputar balikan lagi. Mereka sebagian melakukan rapid test antigen yang dilakukan pemerintah daerah dari pagi sampai dengan saat ini yang menjalani rapid sebanyak 40 orang. 1 di antaranya positif," katanya.

Tak hanya itu, kata dia, Tim Penindak Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 (TP3KC) Kabupaten Bogor juga terus melakukan patroli ke sejumlah tempat wisata di kawasan Puncak. "Di tempat wisata kita intensif melakukan semacam wara wiri mengimbau untuk tidak terjadi kerumunan," katanya.

Pihaknya mencatat dari 1.200 orang yang menjalani pemeriksaan sejak awal libur natal dan tahun baru, tepatnya mulai 24 Desember 2020 hingga saat ini hanya 18 wisatawan yang positif. "Untuk yang positif antisipasinya kita akan berkordinasi dengan dinas kesehatan setempat asal mereka. Jadi hasil dari pada itu akan kita sampaikan kepada daerah asal mereka untuk ditindak lanjuti," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)