DPRD DKI Minta Pengembang Pinjamkan Apartemen untuk Isolasi Pasien Covid-19

Minggu, 27 Desember 2020 - 05:53 WIB
loading...
DPRD DKI Minta Pengembang Pinjamkan Apartemen untuk Isolasi Pasien Covid-19
Wakil Ketua DPRD M. Taufik mendorong pengembang agar meminjamkan apartemen yang belum terjual ke Pemprov DKI untuk dijadikan lokasi isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPRD M. Taufik mendorong semua pihak untuk saling berkolaborasi guna melakukan penanggulangan pandemi Covid-19 di Ibu Kota. Taufik mendorong pengembang agar meminjamkan apartemen yang belum terjual ke Pemprov DKI untuk dijadikan lokasi isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

"Saya berharap pengembang di Jakarta, yang masih memiliki apartemen belum terjual, saya kira dengan sukarela harusnya menyerahkan atau meminjamkan apartemen itu untuk kepentingan perawatan yang terkena Covid di Jakarta," kata Taufik, Minggu (27/12/2020). (Baca juga: Ngeri! Mutan Baru Virus Corona Bisa Bikin RI 'Lockdown' Lagi)

Taufik menyoroti hampir penuhnya rumah sakit hingga lokasi isolasi untuk pasien Covid-19 di Jakarta. Dia memperkirakan sejumlah rumah sakit dan lokasi lainnya tempat isolasi mandiri akan penuh setelah Satgas Covid-19 mencatat hampir setiap harinya angka penularan Covid-19 sebesar 1.500-2.000 kasus. (Baca juga: Gawat, Rumah Sakit di Kota Bekasi Hampir Penuh Tangani Pasien COVID-19)

"Kalau ini kejadian terus berlangsung, saya yakin sarana untuk melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 itu tidak memadai. (Pasien) Covid tidak bisa ditaruh di selasar-selasar rumah sakit, karena itu saya berfikir bahwa, ini sebaiknya ada kolaborasi yang baik antara pemda dengan para pengembang di Jakarta," ujarnya. (Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Rumah Sakit di Ambang Kolaps)

DPRD DKI Minta Pengembang Pinjamkan Apartemen untuk Isolasi Pasien Covid-19


Taufik mengungkapkan, pihaknya telah mengecek sejumlah rumah sakit penanganan Covid-19. Hasilnya, kata dia, hampir seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta hampir penuh pasien. Politisi Gerindra itu menilai, saat ini langkah kolaborasi antara pengembang dan pemerintah dibutuhkan warga. Pasalnya, penanggulangan pandemi Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. "Para pengembang yang memiliki apartemen di Jakarta untuk dapat membantu pemda meminjamkan apartemen itu menjadi tempat-tempat perawatan orang, masyarakat kita yang kena Covid-19," tuturnya.

Menurut dia, rencana Pemprov DKI yang ingin menyulap GOR untuk lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 masih harus membutuhkan waktu untuk menyiapkan ruangan-ruangan bagi pasien nantinya. "Saya kira apartemen-apartemen itu sudah jadi ruang-ruang, ruang itu lah yang kita pakai. Kita berharap Covid di Jakarta bisa segera berakhir, dan mudah-mudahan penularannya mengalami penurunan," tandasnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)