Polres Jaksel Gelar Rapid Test Antigen Gratis di 10 Pos Pengamanan

Kamis, 24 Desember 2020 - 12:58 WIB
loading...
Polres Jaksel Gelar Rapid Test Antigen Gratis di 10 Pos Pengamanan
Masyarakat tengah mengikuti rapid test antigen di pos pengamanan Operasi Lilin 2020 Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020). Foto: Ari Sandita Murti/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polres Jakarta Selatan melakukan rapid test antigen gratis kepada masyarakat di 10 Pos Pengamanan Operasi Lilin 2020 yang ada di wilayah ini. Maka itu, masyarakat pun diminta untuk mendatangi pos-pos tersebut guna men-tracing penyebaran Covid-19 .

Ka polres Jakarta Selatan , Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, salah satu dari 10 Pos PAM yang ada di Jakarta Selatan, yakni di Taman Ayodya, Kebayoran Baru. Adapun rapid test antigen itu dilakukan bersama TNI dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) di 10 Pos PAM jelang Natal dan Tahun Baru kawasan Jakarta Selatan.

"Jadi selain Pos PAM, Pos Pelayanan, juga kami berikan pelayanan rapid test antigen gratis pada warga. Sehari kuota 100, kalau sudah terpenuhi bisa besok lagi," ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/12/2020). ( )

Menurutnya, usai dirapid test antigen, warga pun bakal diberikan surat keterangan yang mana bisa dipakai untuk keperluan warga. Warga pun diminta untuk datang dan melakukan rapid test gratis tersebut dan rapid test itu tak dikhususkan untuk orang tertentu saja, tapi untuk semua warga Jakarta Selatan.

"Kalau di Stasiun atau Terminal kan mengantri, nah ini bisa datang ke Pos PAM yang ada di 10 kecamatan yang sudah disediakan. Untuk kuota, nanti bisa kita lihat dari perkembangan warga yang mau rapidnya dahulu (apakah bakal dilakukan penambahan kuota)," tuturnya. ( )

Saat ditemukan ada warga yang reaktif, kata dia, warga itu pun bakal dibawa menggunakan mobil ambulan ke Puskesmas Kecamatan guna dilakukan test PCR dan saat hasilnya positif bakal langsung dirujuk ke tempat isolasi mandiri, seperti Wisma Atlet. Rapid test antigen ini berguna untuk masyarakat yang ingin mentracing apakah di lingkungannya ada yang terkena Covid-19 ataukah tidak.

"Ini bukan untuk yang mau bepergian saja, tapi semua bisa karena bisa saja ada keluarganya yang gejala. Ini sebagai pelaksanaan 3T, Tracing, Testing, dan Treatmen di wilayah Jakarta Selatan karena belum tentu warga ada yang sudah melakukan antigen," katanya. ( )

Dia menambahkan, polisi juga meminta pada masyarakat di kawasan Jakarta Selatan untuk tak bepergian, apalagi ke luar kota selama libur Natal dan Tahun Baru . Dengan begitu, penyebaran Covid-19 pun bisa dihentikan.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)