Antisipasi Dampak La Nina, Kasatpol PP DKI Cek Kesiapan Antisipasi Banjir di Jaksel

Rabu, 16 Desember 2020 - 23:15 WIB
loading...
Antisipasi Dampak La Nina, Kasatpol PP DKI Cek Kesiapan Antisipasi Banjir di Jaksel
Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin.Foto/SINDOnews/Ari Sandita Murti
A A A
JAKARTA - Satpol PP DKI Jakarta melakukan pengecekan persiapan antisipasi banjir di kawasan Jakarta Selatan dampak fenomena La Nina . Pasalnya, BMKG telah memprediksi curah hujan berpotensi meningkat 40 persen dari normal pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021 nanti.

"Masuk bulan Desember sudah mulai turun hujan, sudah ada disampaikan gejala La Nina di awal Desember ini sehingga saya melakukan pengecekan internal di Satpol PP Kota tentang sikap kesiagaan anggota untuk bisa berkontribusi mengantisipasi berkenaan bencana banjir," ujar Kasatpol PP DKI, Arifin pada wartawan di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, diharapkan hujan yang turun nanti tak sampai menimbulkan bencana ataupun musibah lainnya. Namun, bila sampai terjadi, Satpol PP DKI, khususnya Satpol PP Jakarta Selatan sudah siap menjalankan fungsinya sebagai pelindung masyarakat.

Sejauh ini, kata dia, sarana dan prasarana antisipasi bencana banjir pun sudah disiapkan dengan baik, khususnya oleh Satpol PP Jaksel dalam mengantisipasi bencana di Jaksel dan bakal ditempatkan di titik-titik rawan banjir. Contohnya saja, persiapan mobil recque, peralatan pelampung, perahu karet, dapur umum, peralatan jas hujan bagi anggota, dan lainnya. (Baca: Pemkot Jakarta Utara Pastikan Tidak Ada Perayaan di Tempat Wisata saat Tahun Baru)

"Jadi, saat terjadi bencana anggota sudah dalam keadaan siap, baik itu siap orangnya maupun sarana dan prasarananya. Semuanya itu sejak dini diarahkan atau ditempatkan ke titik-titik lokasi berpotensi banjir, misal di kawasan yang dilintasi sungai Ciliwung dan kali Krukut," tuturnya.

Dengan begitu, paparnya, anggota Satpol PP pun bisa langsung cepat membantu mengevakuasi warga terdampak bencana ataupun membantu instansi lainnya mengurusi bencana. Sebagaimana pernyataan Gubernur DKI, Anies Baswedan kalau parameter sukses menangani bencana itu tak adanya korban jiwa dan penanganan bencana, seperti banjir yang cepat surut.

Dia pun sudah menginstruksikan pada semua anggota Satpol PP di semua wilayah Jakarta untuk langsung terjun saat terjadi bencana. Lalu, berkolaborasi dengan instansi lainnya dalam mengantisipasi bencana banjir, seperti mengawasi pompa air dan pintu air pula serta mensosialisasikannya pada masyarakat.

"Semua anggota saat terjadi hujan deras seluruhnya harus siap siaga menggalang potensi untuk bisa meminimalisir terjadinya bencana, baik yang di kelurahan, kecematan, maupun di provinsi," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)