Selain Habib Rizieq, Ada Habib dan Kiai Lain yang Diperiksa

Senin, 07 Desember 2020 - 08:10 WIB
loading...
Selain Habib Rizieq, Ada Habib dan Kiai Lain yang Diperiksa
Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan melakukan pemeriksaan terhadap putri dan menantu Habib Rizieq Shihab , yakni Syarifah Najwa Shihab dan Muhammad Irfan Al Idrus, hari ini, Senin (7/12/2020). Pasangan suami-istri itu diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan pelangggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Selain itu, ada beberapa nama saksi lain yang juga bakal diperiksa. Di antaranya: Ketua Umum DPP FPI Ahmad Sobri Lubis, Ketua Bidang Dakwah DPP FPI Zainuddin Ali, Panglima Laskar FPI Maman Suryadi, Habib Ali, Habib Alwi, Habib Idrus, dan Thahir.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar membenarkan terkait adanya agenda pemeriksaan terhadap nama-nama tersebut. "Informasinya begitu," katanya. (Baca juga; Habib Rizieq Kembali Dipanggil Polda Metro, Pengacara: Hadir Tidaknya Diumumkan Pagi Ini )

Penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebelumnya juga telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab dan menantunya Hanif Alatas, pada hari ini. Mereka sama-sama diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan pelangggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab dan Muhammad Irfan Al Idrus.

Kendati begitu hingga pagi ini Aziz belum bisa memastikan apakah Rizieq dan Hanif akan hadir memenuhi panggilan penyidik. Agenda pemeriksaan hari ini merupakan tindak lanjut atas penggilan pemeriksaan kedua yang dilayangkan penyidik kepada Rizieq dan Hanif pada Rabu (2/12/2020).

Dalam perjalanannya, kericuhan sempat terjadi saat penyidik berupaya menyerahkan surat panggilan kedua tersebut. Ketika itu, sejumlah simpatisan dan Laskar FPI menghadang penyidik tatkala hendak mendatangi kediaman Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat.

Bahkan, sejumlah personel Brimob sempat diterjunkan ke lokasi. Sampai pada akhirnya surat panggilan pemeriksaan kedua itu diterima oleh perwakilan keluarga Habib Rizieq Shihab. Adapun, surat panggilan pemeriksaan kedua itu dilayangkan oleh penyidik setelah sebelumnya Habib Rizieq dan Hanif tidak hadir memenuhi panggilan pemeriksaan pertama pada Selasa (1/12/2020).

Saat itu, Habib Rizieq tak memenuhi panggilan penyidik dengan alasan masih beristirahat pasca-dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor karena kelelahan. Sedangkan, Hanif beralasan sedang ada acara lain. (Baca juga; Jabodetabek Diguyur Hujan, Begini Kondisi Katulampa hingga Pintu Air Manggarai )

Aziz menyatakan bahwa kondisi Rizieq telah membaik. Meski dia belum bisa memastikan apakah pentolan FPI tersebut bisa atau tidak memenuhi penggilan penyidik hari ini. "Alhamdulillah (kondisi Rizieq) sehat," tukasnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1149 seconds (10.101#12.26)