Pembangunan Dua Tanggul Penahan Rob di Pulau Panggang Rampung

loading...
Pembangunan Dua Tanggul Penahan Rob di Pulau Panggang Rampung
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu telah rampung membangun dua tanggul penahan rob. Diharapkan tanggul ini mencegah banjir rob yang sering terjadi di Pulau Panggang, SINDOnews/Yohannes Tobing
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu telah rampung membangun dua tanggul penahan rob. Diharapkan tanggul ini mencegah banjir rob yang sering terjadi di Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu, Abdul Rouf mengatakan, pembangunan dua tanggul penahan rob rampung sejak awal Desember 2020. "Pekerjaan dua tanggul penahan rob di Pulau Panggang telah rampung," katanya, Sabtu (5/12/2020). (Baca juga; Pengerjaan Makam Khusus COVID-19 di Rorotan Jakarta Utara Sudah 70% )

Dia menjelaskan, kedua tanggul penahan rob itu berada di dua lokasi berbeda di Pulau Panggang. Untuk tanggul pertama berada di RW 03 dengan spesifikasi panjang mencapai 17,50 meter dan ketinggian tanggul sekitar 1 meter. Lalu untuk tanggul kedua berada di RW 01 dengan panjang 7,60 meter dengan ketinggian 1 meter.

Dengan adanya tanggul penahan rob di Pulau Panggang, Rouf berharap, dapat mengantisipasi adanya genangan di kemudian hari. "Rob ini perlu kita antisipasi agar tidak berimbas hingga memicu banjir atau genangan," kata Rouf.



Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi mengatakan, tanggul penahan rob tersebut sangat diperlukan karena di sekitar lokasi selama ini memang rawan terjadi genangan atau banjir saat air pasang.

"Kita akan evaluasi lagi, jika masih sering terjadi genangan kita minta ketinggian tanggul agar bisa ditambah," kata Pepen. (Baca juga; JIC Gelar Khotmul Qur'an dan Doa Bersama untuk Kesembuhan Anies Baswedan )
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top