Tingkatkan Kenyamanan Masyarakat, PPK Kemayoran Bangun Greenbelt

Selasa, 17 November 2020 - 01:30 WIB
loading...
Tingkatkan Kenyamanan Masyarakat, PPK Kemayoran Bangun Greenbelt
Salah satu ruas jalan di Kawasan Kemayoran, Jakarta yang masuk dalam area PPK Kemayoran.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran terus melaksanakan misi penataan kawasan Kemayoran, Jakarta. Salah satunya dengan meningkatkan kenyamanan masyarakat beraktivitas di Kemayoran melalui greenbelt.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Kemayoran, Riski Renando mengatakan, greenbelt ini berada di Jalan HBR Motik dan Jalan Benyamin Sueb, area hijau ini berfungsi untuk mengurangi polusi kota Jakarta dan menambah kesejukan kawasan. Memiliki lebar 25-30 meter, area greenbelt ini nyaman dimanfaatkan sebagai area berkumpul dan melakukan aktivitas kelompok lainnya.

Ditambah lagi, PPK Kemayoran membangun jogging track untuk memfasilitasi masyarakat berolahraga lari maupun bersepeda. Greenbelt sepanjang kurang lebih 1,7 km di Jalan HBR Motik ini dibangun oleh PPK Kemayoran sekitar tahun 1990-an kemudian dilengkapi dengan fasilitas jogging track yang dibangun pada tahun 2005.

Disamping itu, pada tahun 2017 dibangun kembali area greenbelt di Jalan Benyamin Sueb sepanjang 4 km dengan menambah fungsionalnya, yaitu sebagai area penyerapan air."Pertimbangan tersebut menjadikan pembangunan greenbelt menggunakan material beton biopori sebagai salah satu upaya penanggulangan banjir," kata Riski pada Senin (16/11/2020).

Tidak hanya itu, untuk semakin memanjakan pejalan kaki dan masyarakat yang berolahraga, PPK Kemayoran melengkapi area greenbelt dengan menanam pohon rindang dan tanaman indah. Pohon serta tanaman tersebut diantaranya pohon kayu putih dan ketapang serta tanaman-tanaman rendah yaitu Ruellia, Melati Jepang, dan Lantana.

Ditambah lagi, perawatan area greenbelt pun tertib dilaksanakan dengan melakukan pembersihan dan mengganti tanaman yang sudah tua atau mati dengan tanaman baru yang sehat. (Baca: Harga Pertalite Turun, Warga Koja: Alhamdulillah Bensin Berkelas Harga Merakyat)

Keberadaan greenbelt ini memiliki peranan penting bagi kawasan PPK Kemayoran yang ditetapkan sebagai kawasan hijau dengan presentasi area hijau sebesar 30% dan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Jakarta. Oleh karena itu, PPK Kemayoran mempersiapkan rencana untuk semakin melestarikan dan memberikan kenyamanan di ruang hijau ini.

Riski mengungkapkan ada rencana khusus untuk area greenbelt di masa depan. “Kedepannya penerangan di pedestrian dan greenbelt akan diperbaiki agar lebih terang di malam hari dan kegiatan-kegiatan lain bisa dilakukan jika kita membuat spot-spot area untuk masyarakat umum beraktivitas seperti berolahraga dan penanaman, dan juga dapat dibangun tema-tema tersendiri,” ungkap Riski.

Melalui komitmen dalam penataan kawasan ini, diharapkan greenbelt kawasan Kemayoran dapat menjadi area yang aktif dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk beraktivitas. Selain itu, ruang hijau ini pun dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi banjir.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)