PPK dan Kementerian PUPR Bersinergi Antisipasi Banjir di Underpass Kemayoran

Kamis, 12 November 2020 - 22:38 WIB
loading...
PPK dan Kementerian PUPR Bersinergi Antisipasi Banjir di Underpass Kemayoran
Seorang pekerja tengah berdiri di Underpass Kemayoran untuk memantau kondisi di lokasi. Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Banjir yang kerap terjadi di Underpass Timur Kemayoran, Jakarta Pusat, menimbulkan keresahan masyarakat. Penyebabnya adalah saluran air tersumbat karena adanya sedimen lumpur dan pompa yang tersedia kurang bekerja secara optimal. Maka itu, Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengupayakan agar banjir tidak terjadi kembali.

Kepala Divisi Pembangunan Proyek PPK Kemayoran, Muslimin menjelaskan, perbaikan yang dilakukan sejak bulan Agustus 2020 ini di antaranya meliputi peninggian jalan, pembuatan tanggul di sekeliling underpass. Selain itu, tambahnya, pembuatan kolam pompa dan pemasangan pompa, serta perbaikan lantai atas dan bawah underpass. (Baca Juga: Underpass Kemayoran Banjir, Kementerian PUPR Akan Panggil PPK Kemayoran)

"Peninggian jalan setinggi 60 cm, pembuatan tanggul, serta perbaikan lainnya di Underpass Timur dilakukan oleh Direktorat Jenderal Binamarga Kementerian PUPR, sedangkan pembuatan kolam penampungan air dan pemasangan pompa dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR," kata Muslimin di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2020).



Ia menambahkan, awalnya pompa air yang dimiliki PPK Kemayoran hanya berkapasitas 220 liter. Untuk mencegah terjadinya banjir maka upaya yang dilakukan PPK Kemayoran dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air adalah menambah pompa air, sehingga saat ini di area PPK Kemayoran memiliki pompa dengan total kapasitas 340 liter.

"PPK Kemayoran berkontribusi mengganti pompa Underpass Timur sebanyak 1 buah dengan kapasitas 100 liter dan penggantian pompa Underpass Barat sebanyak 1 buah dengan kapasitas 20 liter. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air memasang pompa air di Underpass Timur sebanyak 2 buah, 1 di antaranya berkapasitas 100 liter, dan lainnya berkapasitas 20 liter," tambahnya.

Ia menuturkan, bahwa pengerjaan peninggian jalan, pembuatan tanggul di sekeliling underpass saat ini sudah hampir selesai, sedangkan pengerjaan pemasangan pompa diperkirakan akan selesai bulan Desember 2020. ( )

”Adanya perbaikan underpass timur ini diharapkan banjir tidak terulang lagi. Saat ini sudah teruji dari adanya pengerjaan proyek perbaikan underpass beberapa kali hujan besar kemarin air sudah tidak masuk lagi dari jalan sekelilingnya”, tutup Muslimin.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)