Sepeda, Ajang Silaturahmi Antarwarga Sekaligus Alat Transportasi

Minggu, 08 November 2020 - 07:00 WIB
loading...
Sepeda, Ajang Silaturahmi Antarwarga Sekaligus Alat Transportasi
Selain menjadi alat transportasi yang murah dan ramah lingkungan, sepeda juga sebagai ajang silaturahmi antarwarga. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komunitas sepeda Gowesser Anak Jakarta (GAJ) melakukan kegiatan gowes bareng dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Gowes dengan rute GOR Sunter - Kayu Putih Pulogadung ini diakhiri dengan silaturahmi ke Pondok Pesantren Putri Alkenaniyah, Jakarta Timur, Sabtu (7/11/2020).

Sekretaris Umum KONI DKI Jakarta Jamron mengatakan, agenda gowes bareng Anies ini sebagai ajang silaturahmi pegowes se-DKI Jakarta yang tergabung dalam GAJ. "Gowes GAJ dengan gubernur ini mendadak sehingga tidak melibatkan banyak gowesser yang tergabung di GAJ," ujarnya seperti dikutip beritajakarta.id, Sabtu (7/11/2020). (Baca juga: Anies: Pembangunan Jalur Sepeda di Jakarta Bergantung pada Dana APBD)

Salah satu Inisiator GAJ sekaligus aktivis Pemuda Muhammadiyah Syahrul Hasan menjelaskan, gowes dengan gubernur ini sebagai bukti keseriusan GAJ dalam upaya mewujudkan sepeda sebagai salah satu alat transportasi. "GAJ mendukung dan akan terus mengampanyekan sepeda sebagai salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Inisiator GAJ lainnya, Budi Siswanto. Menurutnya, selain menjadi alat transportasi yang murah dan ramah lingkungan, sepeda juga sebagai ajang silaturahmi antarwarga.

Seiring meningkatnya komunitas gowes di mana-mana menyebabkan efek resonansi bertumbuhnya UMKM yang menyediakan fasilitas pendukung para goweser. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Jakarta, namun di seluruh Indonesia. (Baca juga: Dilengkapi Jalur Sepeda, Revitalisasi JPO Depan Le Meridien Gunakan Dana KLB)

Dia menambahkan pada 15 November 2020 GAJ akan kembali melakukan gowes di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan tema 'Dari Jakarta Kita Bersepeda untuk Indonesia'. "Kegiatan akan diikuti Gubernur DKI, Wakil Wali Kota Jakarta Timur dan jajarannya," kata Budi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3275 seconds (0.1#10.140)