Polda Metro Pastikan 65 Tahanan Positif COVID-19 Telah Sembuh

Sabtu, 07 November 2020 - 00:37 WIB
loading...
Polda Metro Pastikan 65 Tahanan Positif COVID-19 Telah Sembuh
Kabid Humas POlda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memastikan 65 tahanan yang positif COVID-19 telah sembuh. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan bahwa 65 tahanan yang positif COVID-19 sudah dinyatakan sembuh. Bahkan sebagian sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk menjalani tahap selanjutnya.

Menurut Yusri Yunus, sebagian besar tahanan yang positif COVID-19 tanpa merasakan gejala. "Jadi sesuai dengan SOP yang berlaku, setiap tahanan yang akan masuk dan keluar dari tahanan, kita lakukan rapid dan dianjutkan dengan swab test bila hasil rapid-nya reaktif," katanya, Jumat (6/11/2020).

Para tahanan tersebut dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan di Polda Metro Jaya pada bulan lalu. "Bulan lalu kita lakukan swab massal di polres-polres ke sini di-swab dan memang pada saat itu ada 65 yang positif," katanya. ( )

Swab test kepada tahanan, kata Yusri, memang menjadi kegiatan rutin yang diterapkan di Polda Metro Jaya selama masa pandemi virus corona. Setiap tersangka yang akan dilakukan penahanan atau diserahkan ke kejaksaan wajib untuk mengikuti swab test.

Terkait 65 tahanan positif COVID-19, Yusri mengatakan, pihak kedokteran Polda Metro Jaya kemudian mengisolasi mereka. Para tahanan menjalani isolasi di sel khusus yang disiapkan di Polda Metro Jaya.

Isolasi tersebut berlangsung selama 20 hari. Para tahanan tersebut per 10 hari juga diminta untuk melakukan swab test. "Dia diisolasi selama 10 hari. Kalau masih positif akan diisolasi selama 10 hari lagi," katanya. ( )

Lebih lanjut Yusri menambahkan, dari hasil swab test kedua yang telah dilakukan, 65 tahanan tersebut kini telah dinyatakan negatif seluruhnya. "Hasil swab kedua semuanya negatif, sudah sembuh dan sekarang sudah dikirim ke masing-masing LP (lembaga pemasyarakatan) dan polres yang ada," kata Yusri.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)