Tambora Jakbar Petakan Lokasi Rawan Banjir

Jum'at, 06 November 2020 - 15:08 WIB
loading...
Tambora Jakbar Petakan Lokasi Rawan Banjir
Warga korban banjir membawa barang berharga ke tempat yang aman. Sebagai upaya antisipasi di musim penghujan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat memetakan daerah rawan banjir. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kecamatan Tambora, Jakarta Barat petakan daerah rawan banjir sebagai upaya antisipasi di musim penghujan .

Camat Tambora Bambang Sutarna menyebutkan dari sebelas kelurahan ada empat wilayah kelurahan rawan terendam yakni Jembatan Besi, Krendang, Tambora, dan Tanah Sereal. (Baca juga: Sudinkes Jakpus Siagakan Petugas Kesehatan di Titik Pengungsian Banjir)

Menurutnya, penyebab genangan di wilayah tersebut karena antrean air dari saluran penghubung (Phb) ke Kali Cibubur. "Potensi genangan ada di Jalan KH Moh Mansyur meliputi wilayah Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, dan Tanah Sereal. Selanjutnya di Jalan Sawah Lio I dan II di Jembatan Lima, Jalan Krendang Raya sepanjang Kali Cibubur, dan Jalan Tambora V. Itu titik-titik potensi genangan di Kecamatan Tambora,” ujar Bambang, Jumat (6/11/2020).

Genangan disebabkan antrean air karena pompa air yang ada di kali Cibubur. Karena itu, meskipun ada genangan air cepat surut. Terlebih saluran penghubung di Jembatan Lima, Tanah Sereal, Tambora dan Krendang bermuara ke Kali Cibubur. Dari Kali Cibubur dipompa ke Kali Duri.

Maka itu, saat terjadi genangan hanya butuh 10-15 menit untuk disedot oleh pompa air berkapasitas 1.000 liter per detik. “Sepanjang pompa normal tidak bakal ada genangan,” ucapnya. (Baca juga: Ini Alasan Pemprov DKI Izinkan Bioskop Buka dengan Kapasitas 50%)

Terkait antisipasi genangan di lingkungan Jalan Tambora V, operasional pintu air disesuaikan kondisi debit air di Kali Opak. "Kali tersebut jika airnya naik, air dari Phb kembali lagi ke permukiman warga. Sekarang sudah dipasang pintu air untuk mengantisipasi kembalinya air dari Kali Opak ke permukiman. Jadi, begitu hujan deras, pintu air langsung kita tutup,” ujar Bambang.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)