Kabaharkam Polri Apresiasi Peran Masyarakat dalam Keberhasilan PSBB

Jum'at, 08 Mei 2020 - 22:07 WIB
loading...
Kabaharkam Polri Apresiasi Peran Masyarakat dalam Keberhasilan PSBB
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Foto: Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19 memberikan apresiasi atas kerja sama dan peran dominan masyarakat dalam keberhasilan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB ini sebagai upaya antisipasi perluasan wabah virus Corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri pada talk show di salah satu stasiun televisi swasta dengan tajuk Bersama, Lawan Covid-19 yang disiarkan secara live pada Jumat 8 Mei 2020.

"Masyarakat sejauh ini bisa diajak bekerjasama. Terbukti dari jumlah kriminalitas yang terjadi pada periode Januari, Februari, Maret, April ini terjadi penurunan,” kata Komjen Agus, Jumat (8/5).

“Walaupun ada beberapa kasus seperti Curat (pencurian dengan pemberatan) kemudian Curas (pencurian dengan kekerasan) ini memang meningkat di beberapa kasus tertentu," sambungnya.

Berdasarkan data pada Maret 2020 tercatat sebanyak 2.802 kasus kemudian April 2020 tercatat 1.637 kasus atau terjadi penurunan sebesar 21 persen.

Menurut Agus, selain peran masyarakat, penerapan PSBB juga bergantung pada sinergitas semua stakeholder seperti TNI-Polri dan perangkat daerah. "Tentunya peran masyarakat sangat dominan,” ucapnya.

“Karena kemampuan aparat dalam melakukan kegiatan di lapangan, kegiatan preemtif, deteksi, maupun kegiatan pencegahan yang kita lakukan tanpa dukungan masyarakat pasti tidak akan bisa terlaksana dengan baik," tambahnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)