Banjir Ancam Jakarta, Tiga Hal Ini Perlu Diantisipasi

Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:12 WIB
loading...
Banjir Ancam Jakarta, Tiga Hal Ini Perlu Diantisipasi
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memprediksi akan terjadi peningkatan debit air pada akhir tahun ini. Terdapat tiga penyebab banjir di Ibu Kota yang perlu diantisipasi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza), mengatakan, kondisi geografis Jakarta luas wilayahnya terdiri atas daratan rendah. Untuk itu, ada tiga penyebab banjir di Jakarta.

Ketiga penyebab banjir itu yakni akibat hujan lokal, banjir kiriman dari hulu, dan air laut mengalami pasang atau banjir rob. (Baca juga: Banjir 1 Meter, Akses Sukabumi Selatan Kebon Jeruk Terputus Total)

"Curah hujan setiap tahun terus meningkat, tidak seperti biasanya. Kemudian ada perubahan cuaca iklim La Nina. Dipastikan Desember atau awal tahun akan terjadi peningkatan debit air di Jakarta," kata Ariza saat kerja bakti penanggulangan banjir di Kali Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020).

Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu upaya ekstra. Apalagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dari mulai lurah, camat, hingga wali kota dan perangkat daerah lainnya, untuk terlibat aktif dalam penanganan banjir. (Baca juga:BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Wilayah Indonesia Sepekan Mendatang)

Banjir Ancam Jakarta, Tiga Hal Ini Perlu Diantisipasi


Antisipasi bisa dilakukan diantaranya melalui program Gerebek Lumpur di 13 sungai, danau, situ, embung, dan sebagainya. Kemudian membuat sodetan-sodetan dan mempersiapkan seluruh pompa diperbaiki dan dievaluasi. Termasuk mempersiapkan petugas serta membuat program early warning system.

"Kami juga membuat sumur resapan. Ada dukungan dari Menteri Pekerjaan Umum Basuki terkait waduk di Ciawi dan Cimahi. Ada bantuan anggaran Rp5 triliun untuk penanganan banjir selama dua tahun ke depan," ucapnya. (Baca juga: Butuh Waktu 8 Tahun untuk Normalisasi Kali, DKI Minta Bantuan Pengembang Perumahan)

"Tidak kalah penting mari kita semua masyarakat warga Jakarta untuk disiplin tidak membuang sampah yang ketiga juga membantu membersihkan lingkungan sekitarnya," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)