2022, Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Penerbit Internasional

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 06:48 WIB
loading...
2022, Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Penerbit Internasional
Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Kongres Penerbit Internasional atau IPA (International Publishers Association) ke-33 tahun 2022. Foto: Facebook Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Kongres Penerbit Internasional atau IPA (International Publishers Association) ke-33 tahun 2022.

Dalam siaran di akun Facebook-nya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ini adalah hasil kolaborasi bersama masyarakat dalam membangun peradaban literasi sekaligus mewujudkan Jakarta sebagai Kota Buku. Jakarta adalah pusat dari Indonesia. (Baca juga: Kemendikbud Perkuat Pelaku Perbukuan Individu dan Penerbit Tingkat UMKM)

Di kota ini kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, di Jakarta ini hampir semua etnis dan ragam budaya dari Sabang sampai Merauke dapat ditemukan. “ Jakarta juga menjadi pusat literasi, Jakarta memiliki infrastruktur perbukuan terbaik dan terlengkap di Indonesia,” ujar Anies, Kamis (15/10/2020).

Dia menuturkan tradisi literasi harus menjadi ciri khas Jakarta.
Pemprov DKI terus melakukan berbagai pembangunan infrastruktur untuk menopang industri perbukuan di Jakarta seperti pembangunan pasar buku di beberapa lokasi di Jakarta dan pembangunan Taman Buku atau pojok baca di tempat-tempat publik. (Baca juga: DKI Kembali PSBB, BPTJ: Transportasi Publik Jabodetabek Tetap Berjalan)

“Literasi warga sangat bergantung kepada buku yang mereka baca. Penerbit bisa menerbitkan buku-buku berkualitas karena didukung oleh iklim yang sehat seperti nilai-nilai demokrasi, kebebasan berbicara, dan perekonomian yang tumbuh merata,” ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Tujuan dari Jakarta Kota Buku adalah meningkatnya kualitas warga Jakarta. Inilah yang akan menjadi modal penting bagi kota ini untuk maju dan bahagia setara dengan pusat-pusat peradaban dunia. #JakartaKotaBuku #BacaJakarta
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)