355 Pendemo Diamankan Polisi, 320 Pelajar dan Anak di Bawah Umur

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 17:10 WIB
loading...
355 Pendemo Diamankan Polisi, 320 Pelajar dan Anak di Bawah Umur
Sebanyak 355 pendemo dari sejumlah kalangan, saat aksi unjuk rasa di Kabupaten Bekasi diamankan polisi. Foto: Abdullah M Surjaya/SINDOnews
A A A
BEKASI - Kepolisian Resor (Polres) Metropolitan Bekasi mengamankan sebanyak 355 pendemo dari sejumlah kalangan, saat demo ricuh di Kabupaten Bekasi. Akibat demo itu, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Cikarang Barat sempat ricuh dan mencekam.

"Total semuanya, 355 diamankan itu pelajar, buruh, mahasiswa," kata Wakapolres Metro Bekasi AKBP Rickson Sihombing kepada wartawan di Bekasi, Jumat (9/10/2020).

Dari jumlah itu, 320 di antaranya merupakan pelajar dan anak di bawa umur. Para pelajar itu diamankan di titik perbatasan Kabupaten Bekasi. ( )

"Kebanyakan usia pelajar, kita amankan pas lagi jalan mau ke Kota Bekasi mau ke Jakarta. Kita amankan tanya enggak tahu tujuannya hanya ikut-ikutan saja," ucapnya.

Sementara untuk buruh dan mahasiswa yang diamankan, Rickson menyebut, karena mereka melawan aparat dan mencoba menerobos masuk keluar wilayah Kabupaten Bekasi. ( )

"Yang waktu pencegatan dia maksa masuk tol dan terobos penyekatan ya diamankan. Intinya diperintah enggak nurut dia tetap maksa melawan kita amankan," katanya.

Mereka yang diamankan bakal dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk pelajar, para orangtua diminta menjemputnya serta membuat surat pernyataan. (Lihat video: Buruh Blokir Pintu Tol di Tangerang Menolak UU Cipta Kerja )

"Untuk buruh dan mahasiswa kita lepas lagi dan sama dibuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan," paparnya. (Lihat foto: Suasana Halte Transjakarta Bundaran HI yang rusak akibat dibakar Demonstran )

Sebelumnyan, Polres Metro Bekasi melakukan penyekatan di jalan perbatasan dan pintu masuk tol agar mencegah massa unjuk rasa menuju ke Jakarta.

Kericuhan juga tak terhindarkan di wilayah Kabupaten Bekasi, khususnya di wilayah Warung Bongkok Cikarang Barat, yang terlibat bentrok. Pengunjuk rasa melempar batu ke arah polisi hingga membuat jalan lokasi itu tidak bisa dilalui kendaraan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)