Gembong Narkoba Kabur, Polisi Temukan Kelalaian Petugas Lapas Tangerang

Rabu, 30 September 2020 - 16:27 WIB
loading...
Gembong Narkoba Kabur, Polisi Temukan Kelalaian Petugas Lapas Tangerang
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya menemukan petugas Lembaga Pemasyarakat Klas 1 Tangerang, Banten, yang tertidur sehingga terpidana mati gembong narkoba asal China Cai Chang Pan kabur . Cai melarikan diri usai menggali jalur ke luar Lapas dengan panjang sekitar 30 meter.

Hal demikian disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Dari hasil penyelidikan, Cai Chang Pan memanfaatkan karung untuk menaruh tanah bekas galian. Selain itu, sudah ada 14 saksi yang diperiksa terkait pelariannya. Dari saksi yang diperiks mulai dari istri terpidana, masyarakat di lingkungan rumah dari istri terpidana dan juga petugas yang berjaga pada malam dimana Cai melarikan diri.

“Karena Cai sempat berada di Kawasan Tejo Bogor selama 4,5 jam,” kata Yusri kepada wartawan, Rabu (30/9/2020). ( )

Dari saksi yang diperiksa antara lain adalah penjaga yang bertugas khusunya di Menara pengawas dan juga yang memantau CCTV. Namun, dari mereka ada yang mengaku ketiduran sehingga diduga ada kelalaian dari petugas jaga sehingga Cai bisa leluasa melengang dari lapas tersebut.

“Kalau untuk pengejarannya kita sudah bentuk enam tim, yaitu dua dari polda, dari Polres Tangerang dan juga tim dari lapas,” kata Yusri. ( )

Diketahui sebelumnya, seorang narapidana (napi) kasus narkoba yang telah divonis hukuman mati melarikan diri dari dalam tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang. Napi yang kabur diketahui bernama Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan itu merupakan warga negara (WN) China. Pelaku merupakan napi yang telah divonis mati sejak tahun 2017 silam.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)