Hadapi Musim Hujan, Pembangunan Saluran Air Gendong di Cilincing Dipercepat

Sabtu, 26 September 2020 - 13:03 WIB
loading...
Hadapi Musim Hujan, Pembangunan Saluran Air Gendong di Cilincing Dipercepat
Pembuatan saluran air Gendong sepanjang 24 meter dengan kedalaman 150 cm di Jalan Akses Marunda, RT 08/RW 09, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Sebagai langkah mengantisipasi banjir di musim penghujan, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara membuat saluran air Gendong sepanjang 24 meter dengan kedalaman 150 cm di Jalan Akses Marunda, RT 08/RW 09, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Cilincing, Cahyo, mengatakan, pembuatan saluran air, pembersihan tali-tali air, pengerukan lumpur dan sampah di saluran air, waduk dan kegiatan lainnya, masih terus dikerjakan sebagai upaya antisipasi musim penghujan. (Baca juga: 800 Petugas Satgas SDA di Jakarta Barat Bersiap Hadapi Musim Penghujan)

"Pengerjaan saluran air Gendong ditargetkan akan selesai dalam waktu 20 hari. Sistem aliran saluran dari warga RW 09 akan masuk ke Kali Gendong dan bisa dilihat melalui sheet pile dengan 1 pintu, sehingga dapat mengantisipasi genangan air," ujar Cahyo saat dikonfirmasi Sabtu (26/9/2020).

Selain pengerjaan saluran air Gendong, Sudin SDA juga membuat kolam olakan dengan ukuran 2 x 2 x 1,5 meter untuk penyimpanan air dari pemukiman warga RW 09, Kelurahan Cilincing. (Baca juga: Cegah Banjir, Gerebek Lumpur Dilakukan Pemkot Jakbar)

"Dalam pengerjaanmya kami mengerahkan 10 petugas SDA Kecamatan Cilincing dan satu Petugas Penunjang Juru Ukur (PPJU) sebagai tenaga terampil untuk mengerjakan pembuatan saluran air Gendong dan kolam olakan di wilayah RW 09 Kelurahan Cilincing," ungkapnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)