Cegah Covid-19, Pasar Tanah Abang Tutup hingga 5 April

Jum'at, 27 Maret 2020 - 03:04 WIB
Cegah Covid-19, Pasar Tanah Abang Tutup hingga 5 April
Cegah Covid-19, Pasar Tanah Abang Tutup hingga 5 April
A A A
JAKARTA - Perumda Pasar Jaya melakukan penutupan sementara seluruh pasar yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penutupan ini meliputi Pasar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B, dan Pasar Tanah Abang Blok F. Hanya Pasar Tanah Abang Blok G saja yang masih buka, namun itu pun terbatas kepada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan saja.

Penutupan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Kawasan Pasar Tanah Abang setiap menjelang bulan suci Ramadhan, angka pengunjungnya cukup naik tajam. (Baca juga: Respons Imbauan Gubernur Soal Corona, PD Pasar Jaya Tutup Sementara Pasar Tanah Abang)

Pengunjung tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya melainkan banyak pembeli juga berdatangan dari luar daerah hingga mancanegara sehingga perlu dilakukan pembatasan agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“Penutupan dilakukan per 27 Maret – 5 April mendatang, seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara. Ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran Covid-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja,” ujar Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin, Kamis (26/3/2020).

Untuk penutupan ini, sebelumnya manajemen Pasar Jaya sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang terlebih dahulu.

Terlebih menjelang bulan Ramadhan memang menjadi waktu yang sangat penting bagi pedagang berjualan karena penjualan barang dagangan mereka cukup banyak daripada hari-hari biasanya. (Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Dinas PPKUKM Tunda Operasi Pasar Murah)

Sejumlah langkah telah dilakukan Pasar Jaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Pasar Tanah Abang. Di awal kasus ini merebak di Jakarta manajemen Pasar Jaya langsung melakukan pembatasan pintu akses masuk ke area pasar.

Setiap pedagang dan masyarakat yang masuk diukur suhu tubuhnya. Jika ada pedagang dan masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius maka dilakukan penanganan khusus.

Di setiap pintu masuk pasar juga telah disiapkan hand sanitizer bagi pedagang dan masyarakat. Di Pasar Tanah Abang juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4433 seconds (0.1#10.140)