Pasca-Diserang Warga, Polisi dan TNI Jaga Aeon Mal Jakarta Garden City

Selasa, 25 Februari 2020 - 19:03 WIB
Pasca-Diserang Warga, Polisi dan TNI Jaga Aeon Mal Jakarta Garden City
Pasca-Diserang Warga, Polisi dan TNI Jaga Aeon Mal Jakarta Garden City
A A A
JAKARTA - Sekelompok warga menyerang dan merusak fasilitas fisik Aeon Mall Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020) siang. Warga menuding pembangunan Aeon Mall sebagai penyebab permukiman mereka dilanda banjir.

Warga menganggap pengelola Aeon Mall telah membiarkan begitu saja tanggul yang ada, sehingga air dengan mudah masuk mengepung permukiman warga sekitar.

Massa yang emosi melampiaskan kekesalannya di depan pusat perbelanjaan perumahan elite itu. Mereka melempar pembatas jalan dan merusak sarana di sekitar lokasi. Aeon Mall terlihat porak-poranda akibat dilempari batu dan benda tumpul oleh warga.

"Tinggi air sampe segini nih, 2 meter. Sebelumnya enggak ada kayak gini," ujar Rusnadi, salah satu warga di lokasi. (Baca juga: Diduga Jadi Penyebab Banjir, Aeon Mall Cakung Dirusak Massa)

Saat ini kondisi Mall Aeon masih dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan TNI guna mengantisipasi kemarahan warga terulang kembali. Polisi juga sudah melakukan olah TKP terkait aksi protes warga yang berujung kerusuhan itu.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pil Suyudi Ario Seto mengatakan, polis dan TNI telah mengamankan kondisi sekitar Aeon Mall yang siang tadi dikepung warga sekitar.

"Kejadian tadi sudah bisa diamankan oleh jajaran Polres Jaktim bersama stakeholder terkait, Pemkot dan Dandim," kata Suyudi. (Tonton: Video Massa Kepung Mal AEON JGC Viral di Medsos)

Hingga kini polisi masih mendalami kasus penyerangan itu guna mencari dalang di balik aksi anarkistis tersebut. "Sekarang kami masih mendalami otak dari pada pelaku penyerangan Aeon ini. Itu sedang kita upaya," tukasnya.

Menurut dia, akibat aksi penyerangan itu Aeron Mall mengalami sejumlah kerusakan dari segi fisik bangunan. "Kerusakan ada di beberapa titik, seperti pos pengamanan belakang, depan, ada toko juga di belakang. Kemudian pos penjagaan," tukasnya. (Baca juga: Polisi Amankan Satu Orang Diduga Provokator Perusakan Aeon Mall)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3964 seconds (0.1#10.140)