Rumah Terendam Banjir, Ratusan Warga Jelambar Mulai Mengungsi

Selasa, 25 Februari 2020 - 15:18 WIB
Rumah Terendam Banjir, Ratusan Warga Jelambar Mulai Mengungsi
Rumah Terendam Banjir, Ratusan Warga Jelambar Mulai Mengungsi
A A A
JAKARTA - Ratusan warga yang berada di empat RT di RW 04, Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, mulai mengungsi setelah rumah mereka terendam banjir setinggi 80 sentimeter.

Warga mulai pasrah setelah hingga siang tadi air tak juga menyurut. Air malah makin tinggi hingga mencapai di atas pinggang orang dewasa.

Pantauan di lokasi, demi mengevakuasi warga satu perahu karet berwarna putih sibuk lalu lalang di Jalan Satria IV. Perahu itu mengangkut warga yang terjebak di dalam rumah karena banjir. (Baca: Dikepung Banjir, Jalan Daan Mogot Lumpuh)

Ketua RW 4, Anto Permana, mengatakan, terdapat 4 RT yang terendam banjir di wilayahnya, yakni RT 1, RT 2, RT 4, dan RT 7. Keempat RT itu terletak di Jalan Satria II, Jalan Satria III, dan Jalan Satria IV.

"Ketinggian air 50 centimeter (cm) sampai 80 cm. Tertinggi itu di Jalan Satria IV, sampai 80 cm," ujar Anto ditemui di lokasi banjir, Selasa (25/2/2020). (Baca: Diduga Jadi Penyebab Banjir, Aeon Mall Cakung Dirusak Massa)

Jalan Satria IV terletak persis di depan Jalan Latumenten Raya. Di jalan itu terdapat dua pompa mobile yang membuang air ke Kali Grogol.

Anto mengatakan, air mulai menggenang di Jalan Latumenten Raya pada pukul 03.30 WIB dini hari tadi. Ketinggian air saat itu baru 30 centimeter dan belum masuk ke dalam pemukiman warga.

Namun pukul 05.30 WIB ketinggian air mulai bertambah menjadi 80 centimeter. Akibatnya rumah warga di Jelambar ikut terendam banjir.

Pada pukul 11.00 WIB, warga terlihat mulai mengungsi keluar rumah menggunakan perahu karet. "Sebagian sudah memilih mengungsi. Tapi sebagian lagi yang rumahnya tingkat masih memilih di dalam rumah," jelas Anto.

Saat ini terdapat tiga posko pengungsian yang disediakan oleh pihak kelurahan. Bantuan masih diproses oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Barat. "Bantuan mungkin siang datang karena saya baru mengabari ke Sudin Sosial Jakbar tadi pagi," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4338 seconds (0.1#10.140)