Bupati Bogor Disemprot Warga saat Sidak Disdukcapil

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:01 WIB
Bupati Bogor Disemprot Warga saat Sidak Disdukcapil
Bupati Bogor Disemprot Warga saat Sidak Disdukcapil
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin disemprot warga saat inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (18/2/2020).

Warga mengeluhkan lamanya proses pengurusan sejumlah dokumen kependudukan maupun catatan sipil di antaranya pembuatan KTP Elektronik atau E-KTP.

Berdasarkan pantauan, ratusan warga mengantre di bagian loket pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil. Terdapat empat orang yang jengkel dengan lamanya pembuatan KTP Elektronik.

"Saya empat kali ke sini (kantor Disdukcapil), tapi KTP Elektronik belum jadi juga sehingga empat kali juga surat keterangan (suket) diperpanjang," kata Supatni, warga Kampung Gunung Bubut, Desa Bantarsari, Rancabungur, Kabupaten Bogor mengadu pada Bupati Bogor di sela-sela antrean loket pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bogor, Selasa (18/2).

Hal senada juga diungkapkan Ahmad, warga Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Bahkan, dia meminta bupati membenahi jajarannya, terutama menyangkut sistem pelayanan di Disdukcapil yang cenderung masih birokratis alias berbelit-belit. Untuk menunggu antrean saja hingga berjam-jam.

"Ibu harus segera berbenah, sebab ini semua sangat buruk pelayanannya. Jika tidak segera diperbaiki bakal semakin buruk sistem pelayanan ini," ungkapnya.

Begitu juga dikatakan Firdaus, tokoh masyarakat Cicangkal, Rumpin, Kabupaten Bogor. "Saya mohon ibu bupati yang terhormat, saya paham (kendala) apa yang ibu dan Disdukcapil alami dan sampaikan. Pemkab Bogor harus bekerja teliti, cepat dan mudah, apalagi dokumen kependudukan ini penting untuk Pilkades, Pilkada, Pileg, dan Pilpres," ujarnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3913 seconds (0.1#10.140)