Pemkot Bogor Jemput Bola Perekaman E-KTP ke Sekolah, Bima Arya: Biar Mudah Kalau Menikah

Jum'at, 20 Mei 2022 - 13:13 WIB
loading...
Pemkot Bogor Jemput Bola Perekaman E-KTP ke Sekolah, Bima Arya: Biar Mudah Kalau Menikah
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan jemput bola perekaman e-KTP bagi pelajar berusia 17 tahun di sekolah-sekolah. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan jemput bola perekaman e-KTP bagi pelajar berusia 17 tahun di sekolah-sekolah. Perekaman dilakukan dengan membawa peralatan lengkap, mulai dari komputer, perekam sidik jari, perekam retina, dan lainnya.

"Kebijakan Pemkot Bogor adalah jemput bola. Pengurusan dokumen kependudukan harus mudah dan cepat. Jangan nunggu bola. Anak-anak yang sudah 17 tahun ini kita mudahkan agar mereka bisa memperoleh hak-haknya sesegera mungkin," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Begini Cara Ganti Nama di e-KTP, KK, dan Akta Kelahiran

Bima menjelaskan berbagai hak dan manfaat seseorang memiliki e-KTP. Selain sebagai identitas kependudukan dan memudahkan pembuatan berbagai dokumen, juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan perbankan, persyaratan membuka usaha, melamar pekerjaan, salah satu syarat untuk menikah, hingga berguna pada situasi darurat lainnya.

"Bukan masalah kartunya tapi mereka diharapkan bisa sadar akan haknya. Ini bagian dari pendidikan kewarganegaraan juga,' kata Bima.

Dulu, lanjut Bima, anak yang sudah 17 tahun agak terlambat. Begitu ada kebutuhan yang mendesak dan lain-lain, baru mengurus KTP.



"Sekarang saya minta di hari mereka ulang tahun, mereka sudah punya KTP. Pola ini akan terus dilakukan Disdukcapil ke seluruh sekolah di Kota Bogor," tegas Bima.

Selain itu, Bima juga menyebut setiap akan memasuki masa Pilkada, Pilpres, Pileg, Disdukcapil dipastikan melakukan pendataan semaksimal mungkin supaya warga memperoleh haknya untuk pemilu.

"Jangan sampai ada yang luput menggunakan haknya," pungkasnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1911 seconds (10.101#12.26)