Pengakuan Luthfi si Pembawa Bendera Disetrum Diragukan Kebenarannya

Kamis, 23 Januari 2020 - 14:42 WIB
Pengakuan Luthfi si Pembawa Bendera Disetrum Diragukan Kebenarannya
Pengakuan Luthfi si Pembawa Bendera Disetrum Diragukan Kebenarannya
A A A
JAKARTA - Pengakuan Lutfi Alfiandi, demonstran yang fotonya viral membawa bendera di tengah aksi demo pelajar STM di Jakarta disetrum dan dianiaya saat diperiksa Polres Metro Jakarta Barat, diragukan kebenarannya.

"Setelah melihat fakta di lapangan, kami meragukan pengakuan yang bersangkutan. Kalau benar disetrum, seharusnya sejak awal dia atau keluarga mengadu ke Propam," ungkap Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan, di Jakarta, Kamis (23/1/2020). Baca Juga: (Baca: Diultimatum Polisi untuk Bubar, Pelajar STM Malah Acungkan Jari Tengah)
Dengan melihat pemeriksaan sejak awal hingga berkasnya diajukan ke pengadilan, pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini menilai Polda metro Jaya telah memproses kasus ini dengan profesional.

Polisi sebelumnya menepis tuduhan menyiksa Luthfi Alfiandi saat dimintai keterangan. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat Komisaris Polisi Teuku Arsya mengatakan, tidak pernah memaksa Luthfi untuk mengaku melempari polisi saat demonstrasi pelajar STM di sekitar Gedung DPR, Jakarta.

"Enggak mungkin, kita kan polisi modern. Dia (Luthfi) mengaku karena setelah itu ditunjukan ada rekaman video dia di lokasi. Dia lempar batu, itulah petunjuk kenapa dia diamankan," ujar Arsya, Selasa (21/1/2020).
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4819 seconds (0.1#10.140)