INH Akan Bangun Replika Kompleks Al-Aqsa di Bogor

Senin, 31 Agustus 2020 - 13:10 WIB
loading...
INH Akan Bangun Replika Kompleks Al-Aqsa di Bogor
Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Foto/Al Jazeera
A A A
JAKARTA - Lembaga kemanusiaan yang aktif di Palestina, International Networking for Humanitarian (INH) memulai program kampanye pembangunan Replika Komplek Al-Aqsa di Indonesia dan Pondok Tahfidz Al-Quds akhir Agustus 2020 ini.

Pembangunan replika ini akan menjadi salah satu terobosan baru tidak hanya sebagai bagian dari wisata religi di masa depan, namun juga sebagai bagian dari upaya tarbiyah (pendidikan) untuk masyarakat Indonesia agar lebih mendalami dalam perjuangan warga Palestina saat ini dalam menjaga Al-Aqsa. (Baca: Indonesia Panaskan Perang Drone Militer Masa Depan)

Replika ini akan meniru beberapa situs penting yang ada dalam area komplek Al-Aqsa, termasuk ikonnya Masjid Qubah As-Shakhra, Masjid Al-Qibli dan tembok ratapan, serta area taman yang ada di sekitar Al-Quds.

Di samping itu, INH juga akan membangun Pondok Tahfidz Al-Quds di komplek tersebut yang nantinya akan menjadi sarana pembelajaran Al-Quran dan menghadirkan para guru/murabbi langsung dari Palestina serta menjadi tempat pertukaran pembelajaran kedua negara. (Baca juga: Jangan Ribut Ya, Mentan Jamin Stok Pupuk Subsidi Aman)

Kedua bangunan tersebut rencananya akan dibangun di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor Jawa Barat. Namun, saat ini program baru akan dimulai pada tahap pembebasan lahan saja.

"Alhamdulillah, tim kami aktif di Jalur Gaza dan sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Palestina di sana dan mereka mendukung program ini," kata Ketua INH Lukmanul Hakim melalui siaran persnya, Senin (31/8/2020).

Menurut Lukman, program besar ini ditargetkan selesai dalam kurun waktu lima tahun ke depan dan membuka peluang sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk ikut andil dalam program ini sebagai pewakaf. (Lihat videonya: Polsek Ciracas Dibakar Gerombolan Orang Tak Dikenal)

Program ini diinisiasi oleh INH bekerjasama dengan Sahabat Relawan INH (SHARE INH), Teras Ziswaf dan terbuka untuk lembaga lain yang ingin bersama-sama secara berjamaah membangun program mulia tersebut.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)