DKI Perbaiki Tanggul Jebol meski Kewenangan Pusat

Kamis, 09 Januari 2020 - 20:17 WIB
DKI Perbaiki Tanggul Jebol meski Kewenangan Pusat
DKI Perbaiki Tanggul Jebol meski Kewenangan Pusat
A A A
JAKARTA - Sejumlah tanggul sungai dan laut di DKI Jakarta rawan jebol. Pemprov DKI siap mengatasi tanggul jebol tersebut meski kewenangan pemerintah pusat.

Berdasarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat dua wilayah sungai rawan jebol yaitu di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Salah satu yang sudah jebol di Kali Sunter, Jalan Cinta, Pulogadung, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, telah menyiapkan berbagai penanganan seperti menyiapkan karung bronjong dan penurapan langsung seperti yang dilakukan di Kali Sunter, padahal itu kewenangan pemerintah pusat. "Kita kerjakan menggunakan anggaran darurat. Siapapun pemiliknya kita harus segera perbaiki jangan sampai ada yang jebol saat musim hujan ini," ujarnya, Kamis (9/1/2020).

Dinasnya saat ini sedang menginventarisasi apa saja yang diperlukan untuk penguatan tanggul. Menurutnya, sifat pengerjaan fokusnya kedaruratan sehingga apabila ada yang jebol dilakukan penanganan kedaruratan.

Dia juga mengimbau warga setempat khususnya bantaran kali yang rawan longsor untuk melaporkan dan meninggalkan kediamannya jika sudah sangat mengkhawatirkan. "Setelah fase kedaruratan baru rehabilitasi," kata Juaini.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0307 seconds (0.1#10.140)