Ada Potensi Banjir Lebih Besar, Pemprov DKI Diminta Lakukan Antisipasi

Rabu, 01 Januari 2020 - 20:01 WIB
Ada Potensi Banjir Lebih Besar, Pemprov DKI Diminta Lakukan Antisipasi
Ada Potensi Banjir Lebih Besar, Pemprov DKI Diminta Lakukan Antisipasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka menghadapi musibah banjir yang menimpa sebagian besar kawasan Jakarta. Sebab masih ada potensi banjir besar yang mengancam Jakarta.

Jajaran Pemprov DKI Jakarta tidak boleh hanya berharap hujan berhenti dan air segera surut. Harus ada tindakan konkret untuk menangani dan mengantisipasi banjir.

“Ini kan memang lagi musim hujan. Seperti biasanya, waktu-waktu seperti ini banjir sering mengancam. Mestinya, sebelum musim hujan, sudah ada peringatan kepada warga dan juga sudah ada tindakan antisipasi yang dilakukan,” ujar Wakil Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay, Rabu (1/1/2020)

Menurut dia, gubernur tidak cukup hanya menjanjikan memberikan bantuan logistik dan tempat evakuasi. Warga lebih bahagia jika perumahan mereka tidak terkena banjir. "Kalau bantuan seperti itu, siapa pun gubernurnya pasti akan diberikan. Itu sudah bagian dari standar penanganan bencana di pusat dan daerah,” katanya.

Selain pengentasan kemiskinan perkotaan, warga DKI juga sudah lama mengidamkan agar persoalan banjir dan macet dapat diatasi. Kemenangan Anies Baswedan dalam pilkada yang lalu sebetulnya menyisakan beban agar banjir dan macet teratasi. Kalau tidak, Gubernur Anies tidak ada bedanya dengan yang lain.

“Kalau mau meninggalkan warisan yang baik, persoalan banjir dan macet inilah yang penting diselesaikan. Kalau itu berhasil, saya yakin orang akan lama mengenangan Pak Anies. Tidak perlu terlalu banyak retorika, cukup cari solusi yang bisa mengatasinya,” bebernya.

Ia meminta Gubernur Anies segera mengantisipasi hujan yang kemungkinan akan turun lebih besar. Itu artinya, segala tindakan antisipatif banjir yang lebih besar harus dipersiapkan. Seluruh aparatur daerah terkait harus disiagakan. Koordinasi dengan semua pihak harus segera dilakukan.

“Sekarang saatnya Pak Anies membuktikan kemampuannya. Kepemimpinannya sedang diuji saat ini. Kita sebagai warga menunggu dan siap membantu sesuai dengan kemampuan,” pungkas Saleh yang juga Wakil Ketua MKD DPR ini.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4606 seconds (0.1#10.140)