Tengah Sisir Perumahan, Ketua Team Rescue Kritis Dipatuk Kobra

Sabtu, 21 Desember 2019 - 23:58 WIB
Tengah Sisir Perumahan, Ketua Team Rescue Kritis Dipatuk Kobra
Tengah Sisir Perumahan, Ketua Team Rescue Kritis Dipatuk Kobra
A A A
TANGSEL - Ketua Team Rescue bernama Turandi (30) dipatuk ular jenis kobra 'jawa' di Perumahan Pondok Kacang Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (21/12/2019) malam.

Kronologi kejadian itu bermula, saat sejumlah Team Rescue yang merupakan Satgas dari Observer Reptil Tangerang melakukan penyisiran di area perumahan. Para aktivis datang ke lokasi karena diminta warga setempat, guna mendeteksi keberadaan ular untuk diamankan.

"Jadi memang kita rutin menyisir area-area permukiman yang rawan peredaran ular, termasuk jenis kobra," ucap Abdu Kholik, juru bicara Team Rescue di RSU Kota Tangsel, Jalan Pajajaran, Pamulang.

Dengan berbekal peralatan seadanya, mereka yang berjumlah sekira 10 orang berpencar ke beberapa titik. Turandi pun mencurigai keberadaan ular di semak belukar yang terdapat di pemukiman warga. Lantas, dia mengarahkan tongkat penjepitnya ke rerimbunan semak.

"Begitu mau buka semak-semak, ternyata ular kobra Jawa itu langsung nyerang matuk ke arah tapak tangan kirinya," jelas Kholik menuturkan kronologis kejadian berdasarkan keterangan personel Rescue di lokasi.

Racun bisa ular kobra Jawa itu terbukti ganas, tubuh Turandi yang semula biasa-biasa saja seketika lunglai. Dia semakin lemas dan menggigil. Beruntung teman-temannya langsung melarikan ke RSUD Tangsel.

"Kejadian sekira jam 20.30 WIB, setengah jam kemudian udah dirawat ke RSU. Tapi tadi muntah-muntah, tapak tangan kirinya bengkak," imbuh Kholik.

Petugas IGD RSU langsung melakukan penanganan darurat. Meski telah disuntik serum, kondisi Turandi belum menunjukkan peningkatan. Beberapa kali dia masih muntah-muntah, wajahnya pun kian terlihat memucat. Beberapa rekan dari Team Rescue mulai ramai berdatangan menjenguknya.

"Ini baru pertama kali kejadian. Kalau kita sudah 2 bulan terakhir operasi, totalnya kalau wilayah Tangsel sudah ada 8 titik perumahan," ucapnya.

Hasil operasi penyisiran malam ini, Team Rescue berhasil mengamankan 2 ekor ular kobra. Termasuk salah satunya adalah kobra yang mematuk tangan kiri Ketua Team Rescue Observer Reptil Tangerang, Turandi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5760 seconds (0.1#10.140)