Momen Pemprov Jakarta Ikut Pengibaran Bendera Merah Putih di New York

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 22:21 WIB
loading...
Momen Pemprov Jakarta...
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera merah putih di New York, Amerika Serikat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) DKI Jakarta ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera merah putih di New York, Amerika Serikat. Kegiatan yang digelar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York bekerja sama dengan Kantor Wali Kota New York untuk pertama kalinya itu dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI.

Kegiatan flag raising ini juga dihadiri langsung oleh Wali Kota New York Mayor Eric Adams. Konsul Jenderal Republik Indonesia New York Winanto Adi menjelaskan, pengibaran bendera ini merupakan hadiah istimewa untuk HUT ke-79 RI.

"Karena ini pertama kalinya bendera Indonesia dikibarkan di jantung kota New York tepatnya di Financial District, Bowling Green Park, New York. Bulan Agustus 2024 juga merupakan momen istimewa dengan peringatan 75 tahun hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat,” ujar Winanto Adi dikutip, Jumat (18/10/2024).





Sementara itu, Wali Kota New York Eric Adams yang turut hadir sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berpendapat, diaspora Indonesia yang ada juga merupakan bagian dari Kota New York.

“Walaupun butuh 110 wali kota sampai akhirnya bendera (Indonesia) dikibarkan di Bowling Green, tidak pernah terlambat untuk memastikan agar semua orang tahu bahwa komunitas Indonesia juga merupakan bagian dari komunitas (New York) ini,” kata Eric.

Dalam kegiatan ini, KJRI New York juga turut menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan Jakarta memiliki nasib yang sama dengan New York yang sama-sama pernah menjadi ibu kota, seiring perpindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Jakarta dan New York sama, keduanya pernah jadi ibu kota. namun keduanya tetap menjadi kota ekonomi terbesar dan kota kreatif ekonomi terbesar. Ke depannya, kita akan memanfaatkan momentum ini untuk mendekatkan Jakarta dan New York sebagai sister city,” kata Winanto.

Kegiatan flag raising ini berlangsung pada 23 Agustus 2024 di Bowling Green Park, yang terletak di Kompleks Wall Street. Pemprov)l DKI Jakarta turut memeriahkannya dengan misi pariwisata dan seni budaya dengan menghadirkan Abang None Jakarta selaku duta pariwisata dan budaya dan sejumlah tarian dan musik khas Betawi di taman tertua tersebut yang didirikan pada 1733.

Delegasi Pemprov DKI Jakarta dipimpin oleh Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali yang diikuti oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Andhika Permata, serta beberapa tokoh perfilman Tanah Air seperti Maudy Kusnaedi, Rina Damayanti, Celerina Celerina Tjandra Judisari, Felencia Hutabarat, Ketua Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia Hosea Andreas Runkat, dan Ketua Umum Indonesia Inbound Tour Operators Association Paul Edmundus Tallo.

Dalam momen bersejarah ini, Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan bahwa pengibaran Bendera Merah Putih di New York adalah simbol kebangkitan semangat nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air. "Kegiatan ini bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga sebagai wujud pengakuan akan keberagaman budaya Indonesia di panggung dunia," ujarnya.

Dia menegaskan komitmen Jakarta untuk memperkenalkan dan merayakan warisan budaya Indonesia secara global, mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengangkat citra Indonesia di mata dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, pengibaran bendera di kota yang megah ini merupakan momentum penting bagi Jakarta, dengan membawa Abang None Jakarta dan penari dan pemusik Betawi adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia betapa kayanya budaya dan potensi pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai inspirasi untuk terus mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata Jakarta, serta memperkuat rasa persatuan di antara kita, di mana pun kita berada," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0679 seconds (0.1#10.140)