Ridwan Kamil-Suswono Bakal Hadirkan Program Dokter Keliling

Kamis, 26 September 2024 - 16:28 WIB
loading...
Ridwan Kamil-Suswono...
Calon Gubernur Ridwan Kamil saat blusukan di Pancoran Barat, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) ingin menghadirkan program Dokter Keliling jika terpilih di Pilkada Jakarta 2024. Program Dokter Keliling ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Ya, ada dokter keliling nanti untuk mereka yang kesulitan berobat ke Puskesmas, gitu ya," ujar Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil saat blusukan di Pancoran Barat, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

"Jadi tidak selalu warga yang datang ke fasilitas negara, tapi negara mendatangi warga dengan inovasi-inovasi," tambahnya.





Seperti diketahui, RIDO mengusung program kesehatan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di Jakarta melalui digitalisasi, peningkatan fasilitas, serta program promotif dan preventif untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan berdaya.

Untuk menghadirkan layanan Kesehatan komprehensif, terdapat empat poin yang akan diusung, mulai dari peningkatan kualitas fasilitas Kesehatan, penguatan layanan Kesehatan mental, layanan kesehatan digital dan rerintegrasi (LayanSehat), dan layanan kesehatan mobile.

Dalam layanan Kesehatan mobile, RIDO ingin menghadirkan tim medis yang menggunakan kendaraan khusus (ambulans kecil atau motor) yang dilengkapi dengan peralatan medis untuk mengunjungi pasien di rumah mereka. Ini dilakukan dalam rangka memastikan bahwa warga yang memiliki kesulitan pergerakan bisa mendapatkan pelayanan medis yang mereka butuhkan.

Selain Dokter Keliling, saat menyapa warga Ridwan Kamil juga bilang akan menghadirkan program Sekolah Sahabat Lansia. Nantinya, kaum muda usia sekolah akan mendatangi para lansia untuk silaturahmi.

"Lansia itu sering kesepian, sementara jumlah anak sekolah banyak. Nanti kita bikin program anak Sekolah Sahabat Lansia, sebulan sekali, kelompok anak sekolah mendatangi lansia, bawa makan, ajak ngobrol," kata Kang Emil.

"Silaturahmi itu memungkinan siswa menyerap kearifan dari generasi sebelumnya. Lansia tak lagi kesepian. Keduanya bahagia. Itulah. Jakarta yang humanis itulah yang ingin saya hadirkan,” pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)