Operasi Kembar Siam Ardi Ardan Direncanakan Berlangsung 16 Jam

Senin, 04 November 2019 - 13:20 WIB
Operasi Kembar Siam Ardi Ardan Direncanakan Berlangsung 16 Jam
Operasi Kembar Siam Ardi Ardan Direncanakan Berlangsung 16 Jam
A A A
JAKARTA - Tim dokter Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita menjadwalkan operasi kembar siam Ardi dan Ardan direncanakan berlangsung selama 16 jam. Operasi pemisahan kembar siam ini rencananya dilakukan pada, Sabtu, 16 November 2019 mendatang.

Dokter Penanggung Jawab Pasien, dr Alexandra mengatakan, setiap tahapan dalam operasi itu membutuhkan waktu yang relatif lama, maka diperlukan kehati-hatian dalam proses operasi tersebut."Jadi dari mulai kita menyiapkan bayi untuk dibius, kemudian kita pasang selang infusnya dibeberapa tempat. Kalau membius anak yang terlentang kan mudah, tapi ini harus miring. Itu tantangan tersendiri dan kita siapkan waktu beberapa jam," kata Alexandra di Gedung Utama Lantai 4, Rumah Sakit Anak dan Bunda, Jakarta Barat, Senin (4/11/2019).

Selanjutnya, ketika operasi tim dokter akan melakukan tugasnya secara bergantian. (Baca: 30 Dokter Spesialis Dilibatkan untuk Operasi Kembar Siam Ardi-Ardan)

"Nanti tim bedah anak dulu yang masuk, selanjutnya itu tim bedah thorax. Setelah selesai kita pisahkan hati, tinggal menutup perut maka terakhir tim bedah plastik. Tahapannya agak lama, jadi diperkiraan maksimal sekitar 16 jam," ungkap Alexandra.

Kendati demikian, Alexandra berharap agar proses operasi dapat berjalan dengan lancar dan tidak membutuhkan waktu lama. Sebab jika waktu operasi cepat maka akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi bayi."Kalau enggak terlalu lama, itu akan lebih enak buat bayi," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)