Jokowi Canangkan Pembangunan MRT Lintas Timur-Barat Fase 1 dari Medan Satria ke Tomang

Rabu, 11 September 2024 - 12:26 WIB
loading...
Jokowi Canangkan Pembangunan...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencanangkan pembangunan MRT Lintas Timur-Barat Fase 1 Tahap 1, Rabu (11/9/2024). FOTO/SINDOnews/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi mencanangkan pembangunan MRT Lintas Timur-Barat Fase 1 Tahap 1, Rabu (11/9/2024). Fase ini sepanjang 24,5 kilometer dari mulai Medan Satria hingga Tomang.

Jokowi mengatakan, pada Maret 2019 pemerintah telah mengoperasikan Fase 1 Utara-Selatan dari Lebak Bulus-Bundaran HI. Menurutnya, hal tersebut telah mengubah wajah transportasi di Indonesia, khususnya Jakarta.

"Sejak operasi sampai sekarang MRT telah mengangkut, memberikan pelayanan kepada 120 juta penumpang. Jumlah yang tidak kecil. Dan sekarang masih dalam proses pembangunan di Fase 2A Utara-Selatan dari HI sampai Kota," kata Jokowi dalam sambutannya.



Presiden ingin memperluas jangkauan MRT dengan membangun Lintas Timur-Barat Fase 1 dari Medan Satria menuju Tomang. "Dan kita ingin memperluas, memperlebar jangkauan pembangunan, sehingga pada hari ini mode MRT akan kita bangun lagi untuk MRT Lintas Timur-Barat Fase 1, yaitu dari Medan Satria ke Tomang sepanjang 24,5 kilometer," katanya.

Dengan pembangunan MRT Lintas Timur-Barat itu diharapkan dapat memberikan dukungan kepada Jakarta sebagai sebuah kota global dan kota aglomerasi dengan di sekitarnya. "Dan peradaban itu betul-betul peradaban transportasi yang modern, betul-betul hadir setelah MRT itu nantinya selesai semuanya," katanya.

Di kesempatan yang sama, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, lokasi pencanangan pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 pada hari ini merupakan titik integrasi antara MRT Lintas Utara-Selatan, Bundaran HI-Ancol Marina dengan MRT Lin Timur-Barat Cikarang-Balaraja.



Heru mengungkapkan pembangunan MRT Lin Timur-Barat sepanjang 24,5 km akan terdiri dari 21 stasiun. "Pembangunan didanai oleh pinjaman JKA melalui co-financing bersama ADB, dengan Kementerian Perhubungan sebagai Assisting Agency, dan Pemprov DKI Jakarta sebagai Implementing Agency, dan BTA MRT Jakarta sebagai Sub-Implementing Agency. Sedangkan pembangunan sepanjang 800 meter di wilayah Kota Bekasi dibiayai oleh melalui hibah Pemerintah Pusat, dan operasionalnya dibebankan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui skema PSO," kata Heru.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)