alexametrics

November, 59 Bus Zhongtong Akan Bantu Transjakarta Angkut Penumpang

loading...
November, 59 Bus Zhongtong Akan Bantu Transjakarta Angkut Penumpang
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - PT Transjakarta akan mengoperasikan 59 Bus Zhongtong di bulan November mendatang. Pengoperasian Bus Zhongtong sebagai tambahan armada Transjakarta yang mengalami lonjakan penumpang dalam dua tahun terkahir.

Bus asal negeri tirai bambu itu sejatinya pernah mengaspal di jalalan ibu kota pada tahun 2013. Namun karena banyak menimbulkan masalah, operasional bus Zhongtong dihentikan.

Direktur Utama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), Pande Putu mengatakan, saat ini sudah ada 21 bus yang dioperasikan dan sudah lulus tahapan kelaikan bus.



"21 (armada) ini berdasarkan evaluasi dan pengendalian yang dilakukan oleh PT Transportasi Jakarta. 59 bus kita siapkan dan akan dilakukan pengecekan secara detail, secara teknis, oleh PT Transportasi Jakarta," kata Pande Putu saat dikonfirmasi, Jumat (18/10/2019).

Sementara itu sisanya sebanyak 28 bus masih dalam tahap perbaikan dan pengecakan di beberapa bagian seperti pemasangan logo Transjakarta dan kelengakapan penunjang lainnya.

Selanjutnya Pande menggaris bawahi, terkait keselamatan pihaknya menjamin bahwa bus Zhongtong akan lebih mengutamakan keselamatan bagi para penumpang.

"Pada saat kita berbicara Zhongtong, Zhongtong ini kalau dibilang terbakar, sebenarnya tidak juga. Kalau saya mendefinisikan terbakar ini dilalap api, habis mobilnya," imbuhnya.

Menurutnya masalah yang jerap muncul dimasa lalu karena supir terlalu memaksakan membawa armada bus yang jelas terbukti bermasalah, sehingga mengakibatkan mesin menjadi panas dan menimbulkan asap.

Terakhir Pande menyatakan, bahwa sebenarnya Bus Zhongtong dirakit menggunakan komponen material asal Eropa

"Bus ini hanya mereknya saja China, tapi sebenarnya di dalam komponen bus, jika kita lihat, semuanya adalah produk Eropa," katanya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak