Ini Alasan Bioskop Boleh Buka Lagi pada Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:03 WIB
loading...
Ini Alasan Bioskop Boleh Buka Lagi pada Masa Pandemi Covid-19
Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembukaan bioskop di Jakarta merujuk pada studi dan kajian dari para pakar. Salah satunya terkait keunikan bioskop yang berbeda dengan fasilitas umum seperti restoran maupun kafe.

Sehingga, dari keunikan ini memungkinkan bioskop di Jakarta segera dibuka kembali dalam waktu dekat. Keunikan itu di antaranya penonton tidak saling berbicara sehingga meminimalkan terjadinya penularan Covid-19 melalui droplets. (Baca juga: Pemesanan Tiket Bioskop Harus Online, Tak Boleh Beli di Lokasi)

“Ini berbeda dengan restoran, kafe, di mana satu sama lain justru saling ngobrol. Kalau di bioskop justru semua diam. Dan kalaupun ada percakapan maka percakapan itu antara orang yang kenal. Jarang ada percakapan antarorang yang tidak kenal,” ujar Anies saat konferensi pers tentang pembukaan bioskop di DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19 di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

“Kemudian, posisinya pun satu arah semuanya berbicara pada arah yang sama. Bukan interaksi berhadap-hadapan. Jadi ada beberapa kegiatan yang agak unik,” tambahnya. (Baca juga: Mulai Akhir Pekan Ini, PT MRT Jakarta Tambah Jumlah Kereta)

Berikutnya, kata Anies, pengaturan tempat agak berbeda dengan kegiatan mengumpulkan orang yang tidak ada kursi. “Di sini ada kursi sehingga teater baik itu performing arts maupun teater seperti bioskop di mana ada kursi di situ bisa dilakukan pengendalian siapa duduk di mana. Jadi ini mirip situasinya dengan penerbangan pesawat, itu ruangannya kecil, kemudian kursinya rapat tapi bisa diatur setting arrangement-nya,” ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Kemudian juga bisa diatur sirkulasi udaranya dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang sesuai standar protokol kesehatan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)