Ikappi Dorong Pedagang Pasar Maksimalkan Pakai Qris

Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:09 WIB
loading...
Ikappi Dorong Pedagang...
Direktur Utama PT Trans Digital Cemerlang (kanan ), Indra, saat sosialisasi platfom digital di salah satu warung di daerah Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) dan dan perusahaan penyedia teknologi digital PT Trans Digital Cemerlang (PT TDC) sepakat pedagang pasar harus dibekali soal pemahaman transaksi digital. Ikappi tengah memaksimalkan pengunaan Qris di sektor pangan.

"12, 5 juta pedagang pasar di Indonesia itu harus dibekali soal pemahaman digital. Sebagian sudah efektif seperti mengunakan Qris seperti di sektor non pangan, tapi sebagian masih perlu didorong, seperti sektor pangan," ujar Reynaldi Sarijowan, Sekretaris Jenderal DPP Ikappi, Kamis (29/8/2024).

Reynald mengatakan, Qris menjadi media pembayaran di pasar tradisional yang paling efektif dan efisien dari sisi waktu bagi sektor nonpangan seperti pasar tekstil Tanah Abang.

Tapi, masalah hari ini adalah penggunaan Qris untuk pasar pangan di pasar tradisional, misalnya penjual ikan, sayur, dan daging,
Budaya tawar menawar atau interaksi antara pedagang dan pembeli menjadi kearifan lokal yang masih berjalan saat ini.

Budaya tawar menawar, lanjut Reynald ini agak sulit di aplikasi Qris yang tentu ada persentase beban biaya yang dibebankan kepada penjual.

"Ini yang sulit belum ada titik temu, karena belum ketemu fomulanya yang pas. Tapi kita yakin transaksi digital di pasar tradisional ini sebuah kenicsataan, kita akan terus berupaya agar pedagang pasar bisa melek digital," ujarnya.

Reynald mengakui, usai covid para pedagang terbiasa branding melalui aplikasi WA. Pedagang sayur, pedagang ikan dan pedagang pangan lainnya sudah mulai biasa melakukan update status di aplikasi WhatsApp.

Namun ia menyakini, dari sisi literasi digital, kemampuan para pedagang harus terus dikembangkan lebih maju. "Tapi ini tidak bisa berdiri sendiri, harus ada peran pemerintah harus dibina pedagang pasar," harapnya.

Reynald mengatakan, hampir semua Anggota Ikappi seperti pedagang tekstil Pasar Tanah Abang dan di Pleret, Purwakarta, sudah mengunakan Qris dalam transaksi perdagangan.

Walaupun ada beberapa kendala seperti menarik saldonya maksimal satu hari. Namun ia menyakini hal itu kedepan akan terbiasa bagi pedagang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)