Termakan Info Hoaks, Vaksinasi Covid-19 untuk Pedagang Pasar Tradisional Masih Minim

Rabu, 04 Agustus 2021 - 04:32 WIB
loading...
Termakan Info Hoaks, Vaksinasi Covid-19 untuk Pedagang Pasar Tradisional Masih Minim
Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyatakan vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang pasar masih sangat minim. Foto/Istimewa/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyatakan vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang pasar masih sangat minim. Itu disebabkan kurangnya sosialisasi dari pemerintah sehingga banyak pedagang yang termakan hoaks.

"Hoaks tentang vaksin dan Covid-19 masih cukup kuat di pasar tradisional. Masih banyak pedagang yang enggan di vaksin dan tidak percaya Covid-19. Sehingga IKAPPI mendorong agar terjun langsung dan sosialiasasi secara intens kepada pedagang," ungkap Kabid Infokom DPP IKAPPI, Muhammad Ainun Najib melalui keterangan pers, Rabu (4/8/2021).

IKAPPI mendorong agar vaksinasi di lakukan di dalam pasar karena pedagang cukup sulit meninggalkan dagangannya walaupun hanya satu jam. "Jika vaksinasi di lakukan di pasar, maka antusiasme pedagang dan sosialisasi yang masif akan berhasil menyerap pedagang pasar dan pengunjung di pasar tersebut," jelas Ainun.

Ainun melanjutkan, saat ini kondisi perekonomian masyarakat khususnya pedagang pasar sedang sulit. Karenanya meninggalkan barang dagangan untuk ikut vaksin di luar pasar adalah sesuatu yang memberatkan.

"Kita tahu kondisi ekonomi cukup sulit. Maka mendorong mereka untuk meninggalkan barang dagangan untuk ikut ke sentra-sentra vaksin yang jaraknya cukup jauh mereka tidak berkenan," ungkapnya. IKAPPI mengusulkan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk menggelar vaksinasi di dalam pasar demi meningkatkan partisipasi para pedagang.

"Kepada pengurus pasar, Pemprov DKI dan juga pemerintah pusat untuk menggunakan pola-pola yang telah kami lakukan ini agar dapat menyukseskan prograam vaksinasi yang di arahkan oleh Presiden Jokowi," imbuhnya.

"PPKM yang berlanjut hingga 9 Agustus ini memaksa pedagang untuk melangsungkan kehidupan dengan kondisi tertatih-tatih. Maka IKAPPI berharap semua pihak untuk ikut bergotong royong agar dapat mensukseskan program vaksinasi dengan tagline pedagang sehat ekonomi kuat," pungkas Ainun.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2681 seconds (0.1#10.140)