Tutup Pekan QRIS Nasional, BI Jakarta: Ekosistem Digital Dibuat Merata

Senin, 19 Agustus 2024 - 14:22 WIB
loading...
Tutup Pekan QRIS Nasional,...
Penutupan Pekan QRIS Nasional (PQN) saat acara Nyala Festival OCBC di PIM 3 Jakarta Selatan, Minggu (18/8/2024). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ekosistem digital Jakarta untuk transaksi keuangan dinilai telah merata. Meski demikian, Bank Indonesia perwakilan DKI Jakarta akan terus merangsang agar masyarakat mulai beralih dari konvensional menuju digital.

Hal itu diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Musni Hardi K Atmaja saat menutup Pekan QRIS Nasional (PQN) yang diselenggarakan sejak 12-18 Agustus 2024.

Selama penyelenggaraan PQN telah memberikan multiplier effect dan literasi digital masyarakat Jakarta. "Kami mengapresiasi sejumlah pihak dalam penyelenggaraan berbagai event yang sejalan dengan Pekan QRIS Nasional," ujar Musni di acara Nyala Festival OCBC di PIM 3 Jakarta Selatan, Minggu (18/8/2024).

Untuk memeriahkan PQN, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jakarta telah bersinergi dengan sejumlah pihak mulai dari perbankan, lembaga atau instansi, BUMD, pelaku usaha, Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) baik bank maupun non-bank untuk melakukan transaksi menggunakan QRIS.

Kegiatan itu disambut baik masyarakat dengan terlihat penggunaan QRIS yang meningkat sehingga potensi mendorong digital urban tourism Jakarta kian tercermin.

"Penyelenggaraan kegiatan tersebut telah menunjukkan pencapaian yang positif dalam mendukung perluasan transaksi digital terutama akseptasi QRIS, literasi kesehatan finansial, dan studi keberlangsungan bisnis usaha," ucapnya.

Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh pihak terkait upaya mendorong ekosistem digital agar tetap inklusif dan merata. Selain itu, strategi perluasan akseptasi digital pada transaksi penerimaan pajak dan retribusi Pemda akan menjadi fokus pengembangan ke depan melalui kolaborasi Tim Perluasan dan Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Merchant Solution Head Bank OCBC Indonesia Yenny Tandias mendukung akselerasi UMKM digital di Jakarta dengan penerapan sistem pembayaran digital yang andal.

Dia berharap Pekan QRIS Nasional 2024 dapat mendorong kreativitas, inovasi, dan inspirasi khususnya bagi penguatan ekonomi digital Jakarta sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan serta mengakselerasi pencapaian visi Jakarta sebagai Kota Global.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)