Profil Kun Wardana, Cawagub Dharma Pongrekun di Pilgub Jakarta 2024

Minggu, 18 Agustus 2024 - 14:21 WIB
loading...
Profil Kun Wardana,...
Kun Wardana (tiga kiri) didapuk menjadi cawagub Jakarta mendampingi calon Gubernur (cagub) Dharma Pongrekun pada kontestasi Pilgub Jakarta 2024. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kun Wardana didapuk menjadi Calon Wakil Gubernur (cawagub) Jakarta mendampingi Calon Gubernur (Cagub) Dharma Pongrekun pada kontestasi Pilgub Jakarta 2024. Pasangan ini telah memenuhi syarat faktual berdasarkan pleno KPU Jakarta.

Jika tak ada aral melintang, Dharma-Kun dari jalur independen akan berhadapan dengan pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil-Suswono.



Namun, pasangan Dharma-Kun sekarang tengah jadi sorotan usai pelaporan pencatutan NIK KTP warga Jakarta sebagai pendukung paslon itu secara sepihak.

Profil Kun Wardana

Kun Wardana atau yang memiliki nama lengkap Dr Ir Raden Kun Wardana Abyoto lahir pada 11 Agustus 1969 di Gambir, Jakarta Pusat. Dia merupakan dosen Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta.

Ayahnya yang bernama Abjoto Hadiprodjo adalah pensiunan PNS yang bertugas di Departemen Dalam Negeri dan berkiprah sebagai advokat.

Dalam riwayat pendidikannya, Kun tercatat selalu mengikuti program akselerasi dalam menempuh pendidikan formal. Misalnya, ketika masuk SD dia menamatkan pendidikannya hanya dalam waktu 1 tahun.

Kemudian di bangku SMP di Trunajaya II selesai dalam 2 tahun. Dia hanya menempuh pendidikan selama 2 tahun hingga lulus tahun 1980. Lalu, di tahun 1982, Kun berhasil menamatkan sekolah menengah atas di SMA Negeri 3 Jakarta.

Kun kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Trisakti dan lulus pada tahun 1988. Saat itu, dia meraih gelar insinyur termuda di universitas tersebut.

Kiprahnya di politik dimulai pada Pemilu 2019 ketika maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR mewakili Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Daerah Pemilihan Jawa Timur II.

Kun juga pernah menjabat Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) periode 2010–2015 menggantikan Rapiuddin Hamarung.

Setelah itu, namanya sempat menghilang karena dia lebih fokus ke karier akademisi sebagai pengajar. Barulah tahun 2024 dia maju sebagai kandidat Wakil Gubernur Jakarta mendampingi Dharma Pongrekun.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)