Pelaku Penembakan Bos Pelayaran Gelar 5 Kali Pertemuan untuk Rencana Pembunuhan

Selasa, 25 Agustus 2020 - 17:04 WIB
loading...
Pelaku Penembakan Bos Pelayaran Gelar 5 Kali Pertemuan untuk Rencana Pembunuhan
Salah satu pelaku memperagakan adegan menembak korban Sugianto di Kelapa Gading, Jakarta Utara.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Para pelaku penembakan yang menewaskan Sugianto (51) bos pelayaran di Kelapa Gading, Jakarta Utara, melakukan pertemuan membahas rencana pembunuhan selama lima kali. Hal ini terungkap dalam rekonstruksi kasus pembunuhan tersebut.

Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya , AKBP Jean Calvin mengungkapkan, sebelum melakukan aksinya para pelaku telah melakukan berapa kali pertemuan untuk mensukseskan rencananya. "Pertemuan terkait dengan perencanaan pembunuhan itu sekurangnya ada lima pertemuan. Pertama, di salah satu hotel Tangerang, kedua di rumah tersangka NL, dan terakhir di salah satu hotel di Cibubur," ungkap Calvin di Kelapa Gading, Selasa (25/8/2020).

Namun, lanjut Calvin, dalam perencanaan pembunuhan ini, para pelaku belum mengetahui persis bagaimana cara atau pelaksanaan eksekusi pelaku yang juga belum diketahui bagaimana cara eksekutornya. (Baca: Rekonstruksi Penembakan Bos Pelayaran, Tersangka NL Kesurupan saat Rencanakan Pembunuhan)

"Terbukti dengan rencana awal pertemuan itu pada 9 sampai 11 agustus. Pelaku masih membahas dan membicarakan tahap pertama dengan modus rencana awalnya pembunuhan tanpa menggunakan senjata api," terang Calvin.

Calvin menuturkan,, dalam rencana pertama para pelaku membuat modus dengan mengundang korban seolah-olah dari petugas pajak. Dan menurut rencana akan dilakukan eksekusi di dalam mobil dengan cara mencekik korban. "Tetapi rencana ini gagal, karena korban tidak mau. Sehingga salah satu tersangka mengajak tersangka DK selaku eksekutor menghabisi dengan senjata api. Sehingga saat pelaku datang ke Jakarta H-1 dan langsung dilatih oleh tersangka JUN di salah satu perumahan di Cibubur," ucap Calvin.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)