Profil Suswono, Kader PKS yang Santer Diduetkan dengan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Kamis, 15 Agustus 2024 - 12:31 WIB
loading...
Profil Suswono, Kader...
Suswono menjadi salah satu nama yang mencuat sebagai kandidat pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Saat ini, Suswono tercatat sebagai kader PKS. Foto/PKS
A A A
JAKARTA - Suswono menjadi salah satu nama yang mencuat sebagai kandidat pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Saat ini, Suswono tercatat sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) .

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyuarakan untuk mengusung Ridwan Kamil pada kontestasi Pilkada Jakarta. Sementara untuk cawagubnya, masih dalam pembahasan dan sempat ramai dengan inisial S dan dikaitkan dengan Suswono.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Suswono ini? Berikut ulasan profilnya yang bisa diketahui, Kamis (15/8/2024).

Profil Suswono


Suswono bukanlah nama baru dalam jagat politik Tanah Air. Melihat ke belakang, ia pernah diberi amanah menjadi Menteri Pertanian (Mentan) era pemerintahan SBY-Boediono (2009-2014).

Pada riwayatnya, Suswono lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 20 April 1959. Mengacu tanggal tersebut, usianya kini telah menginjak 65 tahun.



Beralih ke latar belakang pendidikan, Suswono menamatkan pendidikan dasar di SD Negeri Kalisapu, Tegal. Lalu, ia melanjutkannya ke SMP Negeri 1 Slawi dan SMA Negeri 1 Slawi.

Setelah itu, Suswono meneruskan studi ke jenjang perguruan tinggi. Ia menempuh pendidikan S1 Sosial Ekonomi Peternakan IPB, S2 Magister Manajemen Agribisnis IPB, dan S3 Doktoral Manajemen Bisnis IPB.

Sebelum masuk politik, Suswono juga sempat mengabdikan diri sebagai pengajar. Tak hanya di IPB, namun pengajar juga Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bogor.

Pada 1999-2001, Suswono pernah menjadi Tenaga Ahli Menteri Kehutanan. Setelah itu, ia juga terpilih sebagai Anggota DPR RI Periode 2004-2009.

Saat era pemerintahan SBY-Boediono, Suswono dipercaya menjadi Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014).

Setelah itu, ia juga sempat mencoba peruntungan dalam kontestasi Pilbup Brebes pada Pilkada Serentak 2017. Namun, Suswono waktu itu gagal. Ia dikalahkan pasangan Idza Priyanti dan Narjo.

Terbaru, nama Suswono mencuat dalam bursa cawagub pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Kader PKS ini menjadi salah satu nama kuat yang berpotensi terpilih.

Demikian ulasan mengenai profil Suswono, eks Mentan yang masuk radar kuat pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)