Jadi OTG, 10 Warga Tambora Isolasi Mandiri di GOR Pekojan

Selasa, 25 Agustus 2020 - 10:33 WIB
loading...
Jadi OTG, 10 Warga Tambora Isolasi Mandiri di GOR Pekojan
Sekitar 10 warga Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat, menjalani isolasi mandi di GOR Pekojaan, Tambora, Jakarta Barat. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Sekitar 10 warga Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat, menjalani isolasi mandi di GOR Pekojaan, Tambora, Jakarta Barat. Mereka mengisolasi diri setelah terindikasi terpapar virus Corona atau COVID-19 .

Kasudin Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Wathini mengatakan, isolasi mandiri di GOR dipilih lantaran kesepuluh warga itu tinggal di tempat yang tidak layak. (Baca juga; Anggota Keluarga Meninggal Positif COVID-19, 15 Orang di Gambir Isolasi Mandiri )

"Tambora itukan pemukiman padat. Jadi banyak rumah yang tidak layak untuk dijadikan tempat isolasi. Akhirnya kami putuskan di GOR Kecamatan," kata Kristy dikonfirmasi, Selasa (25/8/2020). (Baca juga; Masifkan Tes PCR, Kasus Positif COVID-19 di DKI Capai 621 Kasus )

Kristi beralasan mereka tak dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet lantaran masuk dalam Orang Tanpa Gejala (OTG) sehingga diperbolehkan jalani isolasi mandiri. Namun, ketika Puskesmas Tambora mengecek rumah mereka, rumah tersebut dianggap tidak layak untuk jadi tempat isolasi mandiri.

Untuk itu, lurah bersama pengurus RW setempat memutuskan agar 10 warga itu diisolasi di GOR terdekat. Kristi menjamin isolasi di GOR sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP), salah satunya mendapatkan makan dan kebutuhan pokok.

"Warga yang diisolasi sudah hampir 10 hari di GOR. Jadi masa isolasinya sudah hampir selesai," papar Kristi. Kristi menjelaskan kesepuluh warga itu bukan berasal dari satu keluarga yang sama. Mereka merupakan warga dari kepala keluarga berbeda.

Saat ini, lanjut Kristi, ada 30 warga yang terinfeksi COVID-19 di Tambora, Jakarta Barat. Namun hanya 10 warga yang rumahnya dinyatakan tidak layak untuk isolasi, kemudian ditempatkan di GOR kecamatan, sementara 20 lainnya jalani isolasi mandiri di rumah masing masing.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)