Park Hyatt-MNC Peduli Salurkan Makanan Hotel ke Menteng Pulo, Warga: Sering-sering Ya

Selasa, 30 Juli 2024 - 21:49 WIB
loading...
Park Hyatt-MNC Peduli...
Park Hyatt Jakarta bersama MNC Peduli menyalurkan surplus makanan hotel layak konsumsi kepada masyarakat prasejahtera di sekitaran TPU Menteng Pulo, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2024). FOTO/MPI/M FARHAN
A A A
JAKARTA - Park Hyatt Jakarta bersama MNC Peduli melakukan kegiatan food rescue, yakni penyaluran surplus makanan layak konsumsi yang menjadi kuliner untuk hotel. Makanan itu disalurkan kepada masyarakat prasejahtera yang bekerja sebagai penggali makam dan pemulung di sekitaran Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

Salah satu warga, Debora (26) mengatakan, dirinya dan sesama warga di pemukimannya merasa senang. Selain mendapatkan makanan, anak-anak yang hadir dalam kegiatan bisa ikut memainkan permainan-permainan hiburan berhadiah.

"Semoga Park Hyatt dan MNC Peduli ke depannya lebih maju dan semakin bermanfaat. Semoga sering-sering ya datang ke sini supaya kami sering dikunjungi," kata Debora di lokasi, Selasa (30/7/2024).



Sementara itu, warga lainnya, Ida (32) mengatakan, dirinya dan anaknya ikut merasa bahagia dengan kunjungan Park Hyatt dan MNC Peduli. Dia mengatakan, kegiatan kali ini bersifat positif karena dapat memberikan semangat lebih dalam perjuangan warga di pemukimannya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Park Hyatt dan MNC Peduli, tak lupa Yayasan Emmanuel yang juga merekomendasikan tempat kami untuk dikunjungi seperti ini," kata Ida.

Di sisi lain, Direktur of Human Resource Park Hyatt Jakarta, Amih menjelaskan, selain bersama MNC Peduli, pihaknya juga menggandeng Yayasan Emmanuel, guna menentukan lokasi pemberian makanan tersebut.

"Ini adalah kegiatan yang kami selenggarakan dengan MNC Peduli, bekerja sama dengan Yayasan Immanuel, sebagai bentuk dukungan kita guna meyakinan bahwa sisa makanan hotel layak konsumsi ini dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Amih melanjutkan, penyaluran sisa makanan hotel layak konsumsi ini disebut sebagai kegiatan food rescue. Ia mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut juga meyakinkan masyarakat bahwa Park Hyatt mendukung kelestarian bumi, terutama mencegah pembuangan sisa makanan, terlebih yang masih layak konsumsi.

"Kegiatan ini sudah kami lakukan sejak Park Hyatt berdiri yakni 8 Juli 2022. Jadi daripada sisa makanan layak konsumsi ini dibuang, kami salurkan kepada masyarakat marjinal yang membutuhkan," kata Amih.

Lebih lanjut, Amih menuturkan dalam proses pendistribusian, terlebih dahulu makanan tersebut disortir kelayakannya, ditimbang sebagai acuan jumlah penerima makanan dan dijaga kebersihannya serta dikemas kembali.

"Pengambilan makanannya itu sendiri dilakukan setiap pekan, untuk distribusi makanannya juga setiap pekan. Jadi kegiatan ini dilakukan setiap pekannya, Sabtu dan Minggu jadi dua kali," kata Amih.

Untuk diketahui, Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization) atau FAO menyoroti tingkat food waste di Indonesia yang berada di peringkat tertinggi ke-2 di dunia. Banyak sisa makanan layak makan yang dihasilkan oleh restaurant, hotel, kantin hingga kantor yang sebenarnya dapat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)