Empat Saran Pengamat untuk Selamatkan Jakarta dari Penurunan Tanah

Sabtu, 27 Juli 2019 - 09:09 WIB
Empat Saran Pengamat untuk Selamatkan Jakarta dari Penurunan Tanah
Empat Saran Pengamat untuk Selamatkan Jakarta dari Penurunan Tanah
A A A
JAKARTA - Berdasarkan salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa Ibu Kota akan tenggelam pada tahun 2050. Pasalnya, tanah Jakarta terus mengalami penurunan setiap tahunnya.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menyampaikan empat saran yang dapat dilakukan oleh Pemprov DKI guna menyelamatkan Jakarta.

"Pertama, penghentian secara bertahap pengambilan air tanah baik gedung/industri/rumah tangga, namun harus didukung penyediaan air baku yamg memadai/mencukupi sehingga 10 tahun ke depan pengambilan air tanah dapat dihentikan," urai Nirwono saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (27/7/2019).
(Baca juga: Jakarta Bakal Tenggelam Lebih Cepat dari Kota Mana Pun di Dunia)
Nirwono menuturkan, langkah kedua yakni penanganan instalasi pengolahan air limbah/IPAL di gedung perkantoran dan kawasan industri sehingga airnya dapat digunakan ulang dan pengunaan air menjadi lebih hemat.

Langkah ketiga, penataan kawasan Pantura Jakarta misal 200-500 meter dari pantai dihijaukan untuk mencegah abrasi dan meredam percepatan penurunan muka tanah di pantai.

"Yang keempat membangun RTH lebih banyak lagi sebagai daerah resapan air untuk mengisi ulang air tanah di Jakarta, saat ini luas RTH 9,98% dengan target 30% pada tahun 2030 mendatang," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)