Hari Ini Jalur Puncak Lengang, One Way Tetap Diberlakukan Situasional

Minggu, 09 Juni 2019 - 15:35 WIB
Hari Ini Jalur Puncak Lengang, One Way Tetap Diberlakukan Situasional
Hari Ini Jalur Puncak Lengang, One Way Tetap Diberlakukan Situasional
A A A
BOGOR - Puncak arus balik pemudik maupun wisatawan dari kawasan Puncak, Bogor, diperkirakan sudah terjadi pada Sabtu (8/6/2019). Meski demikian, volume kendaraan arus balik diprediksi masih akan terus terjadi hingga Minggu (9/6/) malam nanti.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP M Fadli Amri, menyebutkan, puncak arus balik pemudik dan wisataawan dari kawasan Puncak terjadi pada Sabtu kemarin dengan jumlah volume kendaraan yang melintas mencapai 30 ribu unit. "Itu disebabkan volume kendaraan dari arah Cianjur tak habis-habis, sehingga saat itu kita berlakukan one way sejak siang hingga dini hari," ujarnya saat ditemui di Pos Polisi 2B, Simpang Gadog, Puncak, Bogor, Minggu (9/6/2019).

Menurut dia, sebagian besar kendaraan yang melintas jalur Puncak didominasi para wisatawan atau warga yang berlibur, sedangkan kendaraan pemudik relatif sedikit. "Kendaraan-kendaraan tersebut hingga saat ini kemungkinan masih berada di dalam objek wisata, tempat belanja, pusat oleh-oleh, dan penginapan di sekitar Puncak dan Cianjur," katanya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kata dia, volume kendaraan yang melintas jalur Puncak terjadi penurunan rata-rata 5-10 persen per hari. "Untuk jumlah keseluruhan masih akan kita rekap, yang jelas setiap harinya ada penurunan 5-10 persen," katanya.

Untuk arus lalu lintas dari Jakarta menuju Puncak hari ini terpantau sudah landai. Tidak ada lagi kepadatan kendaraan yang mengarah ke Puncak. "Terpantau dari pagi hari hingga siang, hanya satu dua kendaraan saja yang hendak ke Puncak," katanya.

Untuk kepadatan sendiri masih berada di sekitaran Cianjur, karena banyak dorongan-dorongan dari Bandung dan tempat wisata di Cianjur, sehingga terjadi kepadatan. "Untuk hari ini kita memberlakukan one way dari arah Puncak ke Jakarta sejak pukul 14.00, yang terlebih dahulu menguras kendaraan yang ada di kawasan Cianjur dan Puncak Pass hingga simpang Taman Safari Indonesia, Cisarua," katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya one way, kepadatan tersebut cepat terkuras sehingga bisa dinormalkan kembali dua arah. "Pemberlakuan one way sekarang akan dilakukan dengan terlebih dahulu pengurasan kendaraan dari simpang TSI hingga Bogor, semoga 45 menit ke depan one way total bisa diterapkan hingga pukul 18.00 WIB sesuai tingkat kepadatan dan kemacetan di wilayah Cianjur," katanya.

Pihaknya berharap one way kali ini tidak sampai larut malam atau dini hari seperti Sabtu kemarin. "Kita harapkan pukul 19.00 WIB, jalur Puncak sudah bisa dinormalkan," ungkapnya. Fadli juga mengimbau dengan telah difasilitasinya berupa one way dari arah Puncak ke Jakarta ini, bisa dimanfaatkan pengendara secara maksimal.

"Kami berharap pengendara tak lagi belok mampir ke rumah makan, pusat oleh-oleh atau tempat wisata lain, karena nanti ketika sudah normal dua arah, kecepatan arus lalu lintas kembali tersendat," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6517 seconds (0.1#10.140)